//

GAMBARAN AKUMULASI PLAK MAHASISWI PRODI KEDOKTERAN GIGI FAKULTAS KEDOKTERAN RNUNIVERSITAS SYIAH KUALA YANG MEMAKAI RNPIRANTI ORTODONTI CEKAT RNANGKATAN 2007-2010

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurmasyitah Iskandar Putri - Personal Name
SubjectDENTAL DISEASES - DENTISTRY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran Gigi
Tahun Terbit 2011

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nama : Nurmasyithah I. Putri Program Studi : Kedokteran Gigi Judul : Gambaran Akumulasi Plak Mahasiswi Prodi Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala Yang Memakai Piranti Ortodonti Cekat Angkatan 2007-2010. Plak adalah mikroba kompleks yang terbentuk pada semua permukaan gigi dan menimbulkan masalah klinis yang cukup kompleks. Akumulasi plak sangat mudah terjadi pada pemakai piranti ortodonti cekat dikarenakan komponen-komponen piranti ortodonti cekat seperti bracket dan arch wire yang menyulitkan pada saat membersihkan gigi. Akumulasi plak dapat menyebabkan kerusakan jaringan periodonsium. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat gambaran akumulasi plak mahasiswi Prodi Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala yang memakai piranti ortodonti cekat angkatan 2007-2010. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif cross sectional. Subjek penelitin terdiri dari seluruh mahasiswi Prodi Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala yang memakai piranti ortodonti cekat angkatan 2007-2010 yang sesuai dengan kriteria inklusi. Subjek diberikan kuesioner dan dilakukan pemeriksaan klinis yaitu pemeriksaan plak gigi. Hasil penelitian didapatkan rata-rata indeks plak mahasiswi Prodi Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala angkatan 2007-2010 yang memakai piranti ortodonti cekat adalah baik. Kata kunci: Akumulasi plak, piranti ortodonti cekat

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KETIDAKNYAMANAN PENGGUNAAN ALAT ORTODONTI CEKAT PADA MAHASISWA PRODI KEDOKTERAN GIGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH ANGKATAN 2006-2009 (Cut Myra Angela, 2014)

PERBEDAAN SKOR PLAK SEBELUM DAN SESUDAH BERKUMUR AIR GARAM HANGAT 1,2% PADA MAHASISWA PRODI KEDOKTERAN GIGI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Sri Wulandari, 2015)

GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN SETELAH MELAKUKAN PERAWATAN ORTODONTI CEKAT PADA DOKTER GIGI UMUM DAN DOKTER GIGI SPESIALIS ORTODONTI. (Zuhrina Setia, 2014)

MOTIVASIPEMAKAIAN ALAT ORTODONTI CEKAT PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI KEDOKTERAN GIGI UNSYIAH ANGKATAN 2006-2009 (Maya Ferdina Putri , 2016)

GAMBARAN KLINIS GINGIVA PADA PENGGUNA ORTODONTI CEKAT USIA REMAJA (DITINJAU DARI GINGIVAL INDEX (GI) (STUDI PADA TIGA SMAN KOTA BANDA ACEH) (RIFA SILVIA, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy