//

HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN PENYESUAIAN DIRI REMAJA (SUATU PENELITIAN PADA SANTRI MAS TGK. CHIEK OEMAR DIYAN, ACEH BESAR)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Az. Mawaddah - Personal Name
SubjectADOLESCENTS - HEALTH
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: Dukungan sosial teman sebaya, Penyesuaian Diri Remaja Penelitian yang berjudul “Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Penyesuaian Diri Remaja (Suatu penelitian pada remaja di MAS Tgk. Chiek Oemar Diyan Aceh Besar)”. Penelitian ini mengangkat masalah bagaimana kaitannya antara dukungan sosial teman sebaya dengan penyesuaian diri remaja, serta untuk mengetahui aspek dukungan sosial mana yang relatif kuat mempengaruhi penyesuaian diri remaja di MAS Tgk. Chiek Oemar Diyan. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh santri kelas V dan VI Aliyah yang bersekolah di MAS Tgk. Chiek Oemar Diyan yang berjumlah 165 santri. Sampel berjumlah 62 santri kelas V dan VI Aliyah. Pengambilan sampel menggunakan metode stratified random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dengan model skala likert. Hasil analisis data menunjukkan bahwa dukungan sosial teman sebaya termasuk dalam kategori kuat. Hal ini menunjukkan bahwa pemberian dukungan sosial yang baik dari teman sebaya akan membantu penyesuaian diri remaja. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara dukungan sosial teman sebaya dengan penyesuaian diri remaja di MAS Tgk. Chiek Oemar Diyan dengan r hitung sebesar 0.744 dengan taraf signifikan 0.05. Ditinjau dari aspek dukungan sosial teman sebaya, maka dukungan emosional dengan r hitung sebesar 0.606, dukungan penghargaan dengan r hitungsebesar 0.405, dukungan instrumental dengan r hitung sebesar 0.637, dukungan informasi dengan r hitung sebesar 0.561, dan dukungan jaringan sosial dengan r hitung sebesar 0.484. Aspek dukungan sosial yang relatif dominan mempengaruhi penyesuaian diri remaja adalah aspek dukungan instrumental. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara dukungan sosial teman sebaya dengan penyesuaian diri remaja di MAS Tgk. Chiek Oemar Diyan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PENGETAHUAN GIZI DAN BODY IMAGE TERHADAP STATUS GIZI SISWI DI MAN 3 ACEH BESAR DAN MA TGK. CHIEK OEMAR DIYAN (Firdayanti, 2019)

PERKEMBANGAN DAYAH MODERN TGK. CHIEK OEMAR DIYAN KRUENG LAMKAREUNG KECAMATAN INDRAPURI KABUPATEN ACEH BESAR, 1990-2014 (Rauzatul Jannah, 2015)

PROFIL KOPERASI PESANTREN MODERN TGK. CHIEK UMAR DIYAN DI KRUENG LAMKAREUNGRNINDRAPURI ACEH BESAR (Rahmat Faisal, 2014)

PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI REMAJA (irdayani fitri, 2014)

HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN SELF-ESTEEM REMAJA YANG TINGGAL DI PANTI ASUHANRN( SUATU PENELITIAN DI PANTI ASUHAN KOTA BANDA ACEH) (SASA MAULIDA, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy