//

MANAJEMEN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING PADA MTSN RUKOH BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Sri Mutia - Personal Name
SubjectTEACHERS - STUDENT RELATIONS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pasca Sarjana
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Manajemen Guru bimbingan dan konseling merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan suatu kegiatan, keberhasilan pelaksanaan bimbingan dan konseling sangat tergantung pada manajemen guru bimbingan dan konseling di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen guru bimbingan dan konseling dalam perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan pengawasan program bimbingan dan konseling pada MTsN Negeri Rukoh Banda Aceh. untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan Pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Prosedur penelitian analisa data adalah reduksi data, display data dan verifikasi, sedangkan subjek penelitian adalah guru bimbingan dan konseling, kepala sekolah, siswa dan pengawas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan program bimbingan dan konseling dilaksanakan dengan menganalisis kebutuhan siswa dan sekolah, serta merumuskan program tahunan, semesteran, bulanan, mingguan, dan harian. Serta menyusun rapat kerja (raker) dan rapat tim kecil. (2) Pelaksanaan program bimbingan dan konseling belum berjalan dengan efektif. Hal ini didasarkan pada pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling terkendala dengan jam pelajaran, belum adanya jam pelajaran secara khusus, kurangnya sumber daya guru bimbingan dan konseling sehingga permasalahan siswa tidak efektif diselesaikan, (3) Evaluasi program bimbingan dan konseling yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling belum terstruktur. Pengawasan yang dilakukan oleh kepala sekolah hanya untuk memenuhi administrasi sekolah saja, sedangkan pengawas selama ini bukan dari bidang bimbingan dan konseling, sehingga fungsi pengawasan belum berjalan efektif. Kata kunci: Manajemen Guru dan Layanan Bimbingan Konseling.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PENGELOLAAN PROGRAM LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMP NEGERI 17 KOTA BANDA ACEH (Khairiah, 2016)

MANAJEMEN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PEMBINAAN SISWA PADA SMA DI KOTA SABANG (YUSRI, 2014)

MANAJEMEN GURU BIMBINGAN KONSELING DI SMA NEGERI 1 BANDA ACEH (M. Ramzi, 2018)

PELAKSANAAN LAYANAN PEMINATAN OLEH GURU BIMBINGAN KONSELING DI SMA DALAM KURIKULUM 2013 (Muarrief Rahmat, 2015)

PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING OLEH GURU BIMBINGAN KONSELING PADA SMA NEGERI DI KABUPATEN PIDIE (CUT FARADILLA, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy