//

KESULITAN SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI FAKTORISASI SUKU ALJABAR DI KELAS VIII SMP NEGERI 4 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2013/2014

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Badratun Nafis - Personal Name
SubjectLEARNING - EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
ALGEBRA
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Kata Kunci : kesulitan siswa, faktorisasi suku aljabar Matematika merupakan bidang studi yang dipelajari oleh semua siswa dari Sekolah Dasar (SD) hingga perguruan tinggi. Salah satu materi dalam mata pelajaran matematika adalah materi faktorisasi suku aljabar yang diajarkan kepada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Banda Aceh Semester I. Namun, berdasarkan hasil wawancara dengan guru bidang studi matematika diperoleh informasi bahwa sebagian besar siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami dan menyelesaikan soal-soal faktorisasi suku aljabar. Mengingat kenyataan tersebut, peneliti melakukan penelitian dengan judul “Kesulitan Siswa dalam Memahami Materi Faktorisasi Suku Aljabar di Kelas VIII SMP Negeri 4 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2013/2014”. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kesulitan yang dialami siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Banda Aceh dalam memahami materi Faktorisasi Suku Aljabar; (2) untuk mengetahui jenis kesulitan yang dialami siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Banda Aceh dalam memahami materi Faktorisasi Suku Aljabar; dan (3) untuk mengetahui penyebab kesulitan yang dialami siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Banda Aceh dalam memahami materi Faktorisasi Suku Aljabar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII1 SMP Negeri 4 Banda Aceh yang berjumlah 29 orang siswa. Jenis penelitian ini digunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dalam bentuk essay dan wawancara. Tes dilakukan untuk mengetahui kesulitan yang dialami siswa yaitu dengan menggunakan rumus persentase, dan wawancara yang dilakukan kepada 6 subjek penelitian ini untuk mengetahui penyebab kesulitan yang dialami siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 29 siswa yang diteliti pada kelas VIII1 SMP Negeri 4 Banda Aceh masih banyak mengalami kesulitan dalam memahami materi faktorisasi suku aljabar yaitu dari 29 siswa yang diteliti terdapat 26,05% siswa mengalami kesulitan konsep, 13,42% siswa mengalami kesulitan prinsip dan 4,22% siswa mengalami kesulitan verbal. Penyebab kesulitan yang dialami siswa tersebut adalah karena: (1) materi yang sulit dipahami; (2) memahaman materi prasyarat yang masih rendah; (3) kemampuan siswa yang rendah; (4) kurangnya latihan dalam mengerjaan soal faktorisasi suku aljabar; dan (5) jarak pemberian tes dan pemberian materi cukup jauh.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HASIL BELAJAR DAN KESULITAN SISWA DALAM MEMPELAJARI MATERI BENTUK ALJABAR DI KELAS VII SMP NEGERI 1 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Irwitadia Hasibuan, 2014)

DIAGNOSIS KESULITAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATERI ALJABAR DI KELAS VIII SMPN 1 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2015/2016 (Putri Inda Sari, 2016)

KESULITAN SISWA DALAM PENYEDERHANAAN BENTUK ALJABAR DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANDA ACEH (, 2016)

HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2014/2015 (ELLA SEPTIANA, 2015)

ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI BENTUK AKAR DI KELAS X SMA NEGERI 1 KLUET UTARA RNTAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Nurul Hidayah, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy