//

HUBUNGAN REGULASI DIRI DENGAN STRES PADA SISWA AKSELERASI DI SMAN 3 BANDA ACEH DAN SMAN MODAL BANGSA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang T. Muhammad Yasir - Personal Name
SubjectSELF-REGULATION
STRESS-PSYCHOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Kurikulum program akselerasi yang dipadatkan menuntut siswa akselerasi untuk menguasai banyak materi pelajaran dalam waktu yang singkat. Apabila tuntutan tersebut tidak dapat dipenuhi maka akan menimbulkan stres. Regulasi diri adalah salah satu cara agar siswa akselerasi dapat menghadapi stres dalam kegiatan akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan regulasi diri dengan stres pada siswa akselerasi di SMAN 3 Banda Aceh dan SMAN Modal Bangsa Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik purposive sampling. Kriteria subjek yang terlibat dalam penelitian ini adalah siswa akselerasi kelas I dan II, jenis kelamin laki-laki dan perempuan, umur 14-17 tahun serta siswa hadir saat pengambilan data. Jumlah subjek adalah 82 orang. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah the Short Self-Regulation Questionnaire (SSRQ) yang telah diadaptasi dalam Bahasa Indonesia dan Skala Stres. Teknik analisa data menggunakan uji korelasi Product Moment Pearson dengan koefisien korelasi sebesar rxy =-0,582; p = 0,000. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif dan signifikan antara regulasi diri dengan stres pada siswa akselerasi di SMAN 3 Banda Aceh dan SMAN Modal Bangsa Aceh. Diperoleh kesimpulan bahwa semakin tinggi regulasi diri maka semakin rendah stres pada siswa akselerasi, begitu juga sebaliknya semakin rendah regulasi diri maka semakin tinggi stres pada siswa akselerasi. Kata kunci: regulasi diri, stres, siswa akselerasi, SMAN 3 Banda Aceh, SMAN Modal Bangsa Aceh.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KORELASI PELAKSANAAN AKSELERASI DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI MODAL BANGSA (Nora Nafila, 2014)

PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SMAN MODAL BANGSA DAN SMA LABORATORIUM UNSYIAH (EKA MAWARNI, 2016)

PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR FISIKA PADA KELAS AKSELERASI DENGAN KELAS REGULER DI SMA NEGERI MODAL BANGSA ACEH (ANA MARIANA, 2014)

PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS AKSELERASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN FISIKA DI SMAN 3 BANDA ACEH (MILI ANDRIYANI, 2015)

PROGRAM PENGEMBANGAN DIRI EKSTRAKURIKULER MELALUI LATIHAN FISIK SMAN MODAL BANGSA (MUHARRIR RIJAL, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy