//

EFEK SUPLEMENTASI ENERVON-C DAN SANTA-E DALAM PAKAN TERHADAP KUALITAS SPERMATOZOA AYAM KAMPUNG

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang FAUZIAH - Personal Name
SubjectFEEDS - ANIMAL HUSBANDRY
CHICKENS - LIVESTOCK
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran Hewan
Tahun Terbit 2011

Abstrak/Catatan

Fauziah. Efek Suplementasi ENERVON-C dan SANTA-e dalam Pakan terhadap Kualitas Spermatozoa Ayam Kampung (di bawah bimbingan Triva Murtina Lubis dan Hamdan). Penelitian ini bertujuan untuk melihat efek suplementasi ENERVON-C dan SANTA-e dalam pakan terhadap kualitas spermatozoa ayam kampung. Penelitian dilakukan di Laboratorium Reproduksi, Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Syiah Kuala dari bulan Maret sampai April 2011. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 4 perlakuan dan 5 kali ulangan. Penelitian ini menggunakan 12 ekor ayam kampung jantan yang dibagi kedalam empat perlakuan : P0 (pakan 521), P1 (pakan 521 + 200 mg ENERVON-C/kg pakan), P2 (pakan 521 + 200 mg SANTA-e/kg pakan) dan P3 (pakan 521 + 100 mg ENERVON-C/kg pakan dan 100 mg SANTA-e/kg pakan). Pakan diberikan dengan penambahan ENERVON-C dan SANTA-e selama 2 minggu sebelum dilakukan koleksi semen. Selama penelitian ayam diberikan pakan 521 100 gram/hari, masing-masing 50 gram/ekor pada pagi dan sore hari. Ayam makan dan minum secara ad libitum. Data yang didapat dianalisis dengan menggunakan analysis of variance (ANOVA) dan jika terdapat pengaruh antar perlakuan maka dilanjutkan dengan uji Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan penambahan ENERVON-C, SANTA-e dan kombinasi ENERVON-C dengan SANTA-e dalam pakan dapat meningkatkan persentase motilitas dan spermatozoa hidup serta menurunkan persentase abnormalitas spermatozoa ayam kampung. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya perbedaan nyata (p

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH SUPLEMENTASI VITAMIN C DALAM PAKAN TERHADAP KUALITAS SPERMATOZOA AYAM KAMPUNG (ILHAM BASYRI, S. KH, 2014)

KONSENTRASI SPERMATOZOA BERBAGAI JENIS AYAM LOKAL YANG DIPELIHARA SECARA SEMI TRADISIONAL (Sismeli Widiya Sari Selian, 2015)

PENGARUH PENAMBAHAN VITAMIN E DALAM PAKAN STANDAR TERHADAP KUALITAS SEMEN AYAM KAMPUNG (GALLUS DOMESTICA) (Santi Mailia Astuti, 2015)

EFEK SUPLEMENTASI AKBISPROB DENGAN FREKUENSI WAKTU PEMBERIAN YANG BERBEDA TERHADAP HISTOLOGI HATI AYAM PETELUR (Zakia Izzati, 2019)

EFEK PEMBERIAN PAKAN YANG MENGANDUNG AMPAS KEDELAI DIFERMENTASI ASPERGILLUS NIGER TERHADAP KUALITAS INTERIOR TELUR AYAM KAMPUNG (GALLUS DOMESTICUS) (Rika Marwati, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy