//

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN TIPE STAD PADA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI SMA NEGERI 2 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Basdillan Karnova - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
TEACHING METHODS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Model Jigsaw, Model Student Team Achievement Division, Hasil belajar adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa setelah menerima pengalaman belajarnya. Belajar adalah suatu proses perubahan didalam kepribadian manusia dan perubahan tersebut ditampakan dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku seperti peningkatan kecakapan, pengetahuan, sikap, kebiasaan, pemahaman, keterampilan, dan daya fikir dan kemampuan lainnya. Pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan Student Team Achievement Division (STAD) merupakan suatu model pembelajaran yang menggunakan kelompok diskusi dimana siswa saling bekerja sama di dalam kelompok untuk mendapatkan hasil dan mencapai tujuan dari kegiatn belajar. Untuk melihat hasil belajar siswa, maka penulis melakukan suatu penelitian yang berjudul “Perbandingan Hasil Belajar Siswa yang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan STAD Pada Pelajaran Geografi Kelas XI SMA Negeri 2 Banda Aceh”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa melalui penerapan model kooperatif tipe Jigsaw dan tipe STAD pada pelajaran geografi kelas XI SMA Negeri 2 Banda Aceh. Hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih baik daripada hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IS di SMA Negeri 2 Banda Aceh yang terdiri dari 2 kelas, yaitu XI IS 1 dan XI IS 2 dengan jumlah siswa 53 siswa dengan cara populasi sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, teknik pengolahan data dilakukan dengan uji-t. Dari hasil pengolahan data didapatkan t_hitung = 2,23 sedangkan t_tabel pada taraf signifikansi 0,05 (uji dua pihak) dengan dk = Nx+Ny-2=25+23-2 = 46 adalah 1,68 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD).

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN TIPE CIRC PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI KELAS VIII SMP NEGERI 18 BANDA ACEH (Asrawati, 2015)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN TWO STAY TWO STRAY PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MESJID RAYA ACEH BESAR (MARZIA, 2019)

PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN SIKAP SISWA MAN I TAKENGON MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION (STAD)DAN TIPE JIGSAW PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA (finta yani afrizal, 2014)

PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATERI ELASTISITAS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN STUDENT ARCHIEVMENT DIVISION(STAD)SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Nurul Hanifah, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS X MAN MODEL BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2011/2012 (Siti Aisah, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy