//

HUBUNGAN KINERJA GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWARNDI SMA NEGERI 1 MONTASIK

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Lismasari - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
TEACHER - PERFORMANCE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: Kinerja Guru, Prestasi Belajar Siswa. Penelitian ini berjudul Hubungan Kinerja Guru dengan Prestasi Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Montasik. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kinerja guru bidang studi IPS di SMA Negeri 1 Montasik, (2) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa dalam bidang studi IPS di SMA Negeri 1 Montasik, (3) Untuk mengetahui hubungan antara kinerja guru dengan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Montasik. Sampel penelitian seluruh guru bidang studi IPS pada kelas XI.IS yang berjumlah 7 orang, beserta nilai mata pelajaran IPS yang diajarkan yaitu kelas XI.IS-1, XI.IS-2, dan XI.IS-3.Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket (kuesioner), observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik kuantitatif, yaitu menggunakan rumus regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan (1) Kinerja guru bidang studi IPS di SMA Negeri 1 Montasik tergolong sangat baik, yaitu diperoleh nilai a = 65,26 dan b = 0,14 bertanda positif. Dapat dinyatakan bahwa untuk setiap x (kinerja guru) bertambah, maka perkiraan untuk y (prestasi belajar bidang studi IPS) akan bertambah sebesar 0,14. (2) Prestasi belajar siswa dalam bidang studi IPS di SMA Negeri 1 Montasik, secara keseluruhan telah tuntas. (3) Pengaruh kinerja guru bidang studi IPS terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Montasik sebesar 0,49 (49%) dan hubungannya sebesar 0,70 (tinggi). Hasil tersebut dibuktikan dengan uji hipotesis yang menghasilkan thitung≥ ttabel (5), yaitu 2,19 ≥ 2,02 yang berarti “terdapat hubungan yang positif antara kinerja guru dengan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Montasik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kinerja guru bidang studi IPS mempunyai hubungan yang tinggi dengan prestasi belajar siswa dalam bidang studi IPS, dan kinerja guru juga berpengaruh sebesar 49% terhadap prestasi belajar siswa kelas XI.IS pada SMA Negeri 1 Montasik Kabupaten Aceh Besar. ii

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KORELASI KINERJA DAN MOTIVASI KERJA GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA SMA NEGERI KOTA SIGLI KABUPATEN PIDIE (NILAWATI, 2016)

PENGARUH IKLIM ORGANISASI SEKOLAH DAN KINERJA GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA SMK NEGERI KABUPATEN BIREUEN (ZULFAHMI, 2016)

STUDI KOMPARATIF KINERJA GURU BIOLOGI YANG BELUM SERTIFIKASI DENGAN GURU BIOLOGI YANG SUDAH SERTIFIKASI PADA SMA NEGERI RAYON 01 KABUPATEN PIDIE (M. Nasir, 2015)

PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KINERJA GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KRUENG BARONA JAYA (Khairani, 2013)

HUBUNGAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KINERJA GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR GUGUS 24 ACEH BESAR (Desy Yusanti, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy