//

PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS VIII SMPN 1 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Santi hartina - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
TEACHING METHODS - AUDIOVISUAL MATERIALS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci :perbandingan, prestasi, media, belajar, siswa. Judul penelitian ini adalah “Perbandingan Prestasi Belajar Seni Musik dengan Menggunakan Media Audio Visual pada Siswa Kelas VIII di SMP N 1 Banda Aceh” . Penelitian ini mengangkat rumusan masalah bagaimanakah proses pembelajaran seni musik dengan menggunakan media audio visual dan tanpa menggunakan media audio visual di kelas VIII SMP N 1 Banda Aceh, dan bagaimanakah perbandingan prestasi belajar siswa dengan menggunakan media audio visual dan tanpa menggunakan media audio visual di kelas VIII SMP N 1 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pres pembelajaran seni musik dengan menggunakan media audio visual dan tanpa menggunakan media audio visual di kelas VIII SMP N 1 Banda Aceh, dan mensdeskripsikan perbandingan prestasi belajar siswa dengan menggunakan media audio visual dan tanpa menggunakan media audio visual di kelas VIII SMP N 1 Banda Aceh. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Banda Aceh. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik porposive sampling. Penelitian ini menggunakan dua pendekatan yaitu kualitatif dan kuantitatif dengan dua jenis penelitian yaitu deskriptif dan eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analis data dilakukan dengan mereduksi data, display dan verivikasi kemudian pengolahan data tes dilakukan dengan menggunakan teknik statistik dalam bentuk perhitungan nilai rata-rata dan perhitungan nilai korelasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan media audio visual lebih baik dari pada tanpa menggunakan media audio visual. Kemudian dilihat dari hasil pengolahan hasil tes diperoleh nilai rata-rata siswa kelas eksperimen > kelas kontrol yaitu 86>70. Kemudian perhitungan nilai korelasi yang diperoleh dari kedua kelas adalah 0,88 ini menunjukkan ada hubungan yang tinggi antara penggunaan media audio visual dan tanpa menggunakan media audio visual, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran yang menggunaan media audio visual lebih baik dari pada tanpa menggunakan media audio visual.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR TARI TRADISIONAL GUEL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO-VISUAL DAN TANPA AUDIO-VISUAL DI SMPN 1 DARUSSALAM (Susi Triani, 2018)

PERBEDAAN MINAT BELAJAR IPA SISWA MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL, AUDIO DAN AUDIOVISUAL DI SMP N 2 SEULIMEUM (Agusliana, 2018)

PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MENYANYIKAN LAGU WAJIB NASIONAL KELAS VII DI SMP NEGERI 18 KOTA BANDA ACEH (KEMBANG AYU AGUSTYA, 2017)

PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN RESPON SISWA PADA MATERI VERTEBRATA DI KELAS X MAN DARUSSALAM, ACEH BESAR (Slamet Khalid Huda Pase, 2016)

PERBEDAAN KEMAMPUAN MENGARANG CERPEN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DAN TANPA MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V SDIT AL-FITYAN SCHOOL ACEH (JULIYANTI, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy