//

HUBUNGAN ANTARA STRES DENGAN SINDROMA DISPEPSIA PADA MAHASISWI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Echa Putri Nesia - Personal Name
SubjectDYSPEPSIA
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2012

Abstrak/Catatan

Dispepsia merupakan kasus yang sangat sering terjadi dalam masyarakat, umumnya karena adanya depresi, ansietas dan gangguan somatik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara stres psikologis dengan sindroma dispepsia pada mahasiswi FK Unsyiah angkatan 2009. Ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional, yang berlangsung pada bulan September 2011. Tingkatan stres diukur menggunakan Depression, Anxiety, Stress Scale (DASS), sedangkan sindroma dispepsia digunakan kriteria diagnostik Roma II. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode simple random sampling dan memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Besar sampel sebanyak 112 responden dengan rentang usia 19-22 tahun. Hasil penelitian didapatkan sebanyak 34 responden (30,4%) mengalami stres, terdiri dari 22 orang (64,7%) stres ringan, 10 orang (29,4%) stres sedang, dan 2 orang (5,9%) stres berat, sedangkan stres sangat berat tidak ditemukan. Responden yang mengalami dispepsia tercatat sebanyak 66 orang (58,9%), dimana 9 orang (13,6%) mengalami ulcus like dyspepsia, 30 orang (45,5%) mengalami dysmotility like dyspepsia, dan sebanyak 27 orang (40,9%) mengalami dyspepsia tipe mixed. Hasil uji chi square menunjukan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara stres psikologis dengan sindroma dispepsia (p=0,038). Tingkatan stres yang paling banyak dialami adalah stres ringan yaitu sebanyak 22 orang (64,7%), jenis sindroma dispepsia yang paling banyak dialami adalah dismotility like dyspepsia yaitu sebanyak (45,5%). Terdapat hubungan yang bermakna antara stres psikologis dengan sindroma dispepsia pada mahasiswi FK Unsyiah angkatan 2009.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN SINDROMA DISPEPSIA DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS XI SMAN 4 BANDA ACEH (Raisha Putri Arsyad, 2017)

¬HUBUNGAN POLA MAKAN DENGAN TERJADINYA SINDROM DISPEPSIA PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Nurdiansaputri, 2016)

HUBUNGAN POLA MAKAN DENGAN SINDROMA DISPEPSIA PADA SISWA/I MADRASAH ALIYAH DAYAH RUHUL ISLAM ANAK BANGSA MATA IE ACEH BESAR (muhammad masykur, 2014)

HUBUNGAN PENGETAHUAN POLA MAKAN DENGAN KEJADIAN SINDROMA DISPEPSIA PADA REMAJA MADRASAH ALIYAH SWASTA ULUMUL QURAN PAGAR AIR ACEH BESAR (Cut Anita, 2016)

HUBUNGAN PENGETAHUAN POLA MAKAN DENGAN KEJADIAN SINDROMA DISPEPSIA PADA REMAJA MADRASAH ALIYAH SWASTA ULUMUL QURAN PAGAR AIR ACEH BESAR (Cut Anita, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

¬© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy