//

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKARNDENGAN PENDEKATAN REALISTIK PADA MATERI GEOMETRI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Murdani - Personal Name
SubjectMATERIALS IN STUDY AND TEACHING
MATHEMATIC- TEACHING
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Pasca Sarjana Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Murdani. 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Realistik pada Materi Geometri. Salah satu tujuan pengajaran geometri di Indonesia adalah siswa mengembangkan kemampuan keruangannya dengan mempelajari obyek-obyek geometri, akan tetapi sangat jarang kita jumpai buku matematika yang mengembangkan kemampuan keruangan siswa, oleh karena itu perlu dikembangkan perangkat pembelajaran geometri. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh perangkat pembelajaran geometri spasial dengan pendekatan matematika realistik untuk materi geometri yang baik. Untuk mendeskripsikan langkah-langkah Pembelajaran Matematika Realistik pada materi kubus dan balok, maka pada penelitian ini dirumuskan masalah sebagai berikut: Bagaimanakah pengembangan dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran matematika realistik yang baik untuk topik kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri Arun Lhokseumawe? Untuk menjawab pertanyaan di atas, peneliti melakukan penelitian pengembangan perangkat pembelajaran dan diujicobakan di kelas VIII-1 SMP Negeri Arun Lhokseumawe. Proses pengembangan perangkat pembelajaran adalah adaptasi model pengembangan Thiagarajan, terdiri atas empat tahap, sehingga disebut “Four-D Model” (Model 4-D). Keempat tahap itu adalah pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (dessiminate). Namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan (Develop) sedangkan tahap penyebaran (Disseminate) belum dilakukan. Cara pengambilan data dilakukan melalui lembar validasi dan tes. Dari hasil lembar validasi diperoleh bahwa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) memiliki nilai rata-rata 4,30 dengan kriteria sangat valid, Lembar Kerja Siswa (LKS) memiliki rata-rata 4,36 dengan kriteria sangat valid, Buku Guru (BG) memiliki rata-rata 4,33 dengan kriteria sangat valid, dan Tes Hasil Belajar (THB) memiliki rata-rata 4,40 dengan kriteria sangat valid. Tes yang diujicobakan sebanyak 7 soal, dan hasil uji validitas butir soal adalah valid dan koefisien reliabilitas 0,67 dengan katagori tinggi. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan adalah valid setelah divalidasi oleh validator dan diujicobakan, serta memenuhi syarat yang ditetapkan yaitu: (1) kemampuan guru mengelola pembelajaran baik dan sangat baik, (2) aktivitas siswa dalam pembelajaran efektif, (3) respon siswa terhadap perangkat pembelajaran positif yaitu di atas 80 %, dan (4) tes hasil belajar memenuhi kriteria valid, reliabel, dan sensitif. Berdasarkan keterangan di atas, maka perangkat pembelajaran matematika realistik yang dihasilkan adalah katagori baik untuk topik kubus dan balok. Perangkat pembelajaran yang dimaksud adalah Rencana Pelaksanan Pembelajaran (RPP), Buku Guru (BG), Lembar Kerja Siswa (LKS), dan Tes Hasil Belajar (THB). Kata Kunci: Geometri, pembelajaran matematika realistik. ABSTRACT Murdani . 2013. Math Learning Software Development with Realistic Approach to Content Geometry. One of the goals of teaching geometry in Indonesia is spatial reasoning students develop skills by studying geometric objects, but very rarely we come across a book of mathematics that develop students' spatial abilities, therefore it is necessary to develop a learning device geometry. This study aimed to obtain the spatial geometry learning with realistic mathematical approach to the material good geometry. To describe the steps in the matter Realistic Mathematics Learning cubes and cuboid, so in this study the problem is formulated as follows: How is the development and results of the development of realistic mathematics learning is good for topic cube and cuboid in Junior High School eighth grade Arun Lhokseumawe? To answer these questions, researchers conduct research and development of learning tools tested in class VIII - 1 SMP Arun Lhokseumawe. The process of learning is the development of adaptation Thiagarajan development model, consisting of four stages, so called "Four-D Model" (model 4 - D). The fourth stage is the definition (define), design (design), development (develop) and deployment (dessiminate). However, in this study only reached the stage of development (Develop) while the deployment phase (Disseminate) has not been done. Method of data collection is done through the validation and test sheets. Validation of the results sheet shows that the Lesson Plan has a mean value of 4.30 with very valid criteria, Student Worksheet has a 4.36 average with very valid criteria, the Books teacher have average average of 4.33 with very valid criteria, and tests Learning Outcomes has a 4.40 average with very valid criterion. Tests were tested by 7 matter, and the matter of the validity of the test results are valid and reliability coefficient of 0.67 with the high category. Based on the above description of the resulting learning device is valid after being validated by a validator and tested, as well as meet the specified requirements, namely: (1) the ability of the teacher to manage learning well and very good, (2) students in effective learning activities, (3) student response to the positive learning that is above 80 %, and (4) achievement test criteria valid, reliable, and thus sensitif. Dengan realistic mathematics learning device generated is good for topic category cubes and cuboid. The device in question is learning Learning Implementation Plan, the Books Teacher, Student Worksheet, and Test Results Learning. Keywords: Geometry, realistic mathematics learning.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN GEOMETRI’S SKETCHPAD UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER SISWA DI SMP (Decy Dhayanti, 2018)

THE PROCESS OF TEACHING LISTENING AT DEPARTMENT OF ENGLISH LANGUAGE EDUCATION OF AR-RANIRY STATE ISLAMIC UNIVERSITY BANDA ACEH (A DESCRIPTIVE STUDY AT THE FIRST YEAR STUDENTS) (Dara Yusnida, 2017)

A DESCRIPTION OF THE TEACHING OF SPEAKING AT THE ENGLISH DEPARTMENT OF UIN AR-RANIRY (Ayuna Netta, 2014)

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PEMBUKTIAN DENGAN STRATEGI ABDUKTIF-DEDUKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GEOMETRI SISWA SMA (Ernawati, 2017)

INVESTIGATING TEACHING AND LEARNING ELEMENTS IN TOUR GUIDING SUBJECT (A QUALITATIVE STUDY AT TOURISM DEPARTMENT OF SMKN 1 BANDA ACEH) (Riska Nanda, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Tahun Terbit

   

Prodi

   

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.