//

UJI KARAKTERISTIK BETON ASPAL (AC–BC) MENGGUNAKAN AGREGAT BASALT (STUDI KASUS : SUBTITUSI PORTLAND CEMENT RNDAN ABU SEKAM)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Teuku Irwansyah Putra - Personal Name
SubjectOTHER BUILDING MATERIALS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pascasarjana
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

UJI KARAKTERISTIK BETON ASPAL (AC–BC) MENGGUNAKAN AGREGAT BASALT (STUDI KASUS : SUBTITUSI PORTLAND CEMENT DAN ABU SEKAM) Oleh: Teuku Irwansyah Putra NIM. 0809200060049 Komisi Pembimbing : 1. Dr. Ir. M. Isya, MT 2. Dr. Ir. Sofyan M. Saleh, M.Sc. Eng ABSTRAK Selama ini untuk pembangunan konstruksi jalan di Banda Aceh dan sekitarnya menggunakan material dari sungai, sehingga pertambangan galian C ini menyebabkan perubahan dasar pada alur sungai dan juga terjadinya erosi pada pilar-pilar jembatan. Selain permasalah di atas, permasalahan lain adalah kurangnya produksi abu batu dari Stone Crusher. Dari permasalahan tersebut maka perlu ada alternatif lain untuk material jalan dan juga untuk filler. Material yang bisa digunakan untuk jalan adalah batuan basalt yang merupakan bahan baku dari gunung, sedangkan filler selain portland cement juga bisa digunakan abu sekam padi yang banyak terdapat di Aceh. Dari permasalahan ini, maka perlu dikaji mengenai Karakteristik Marshall beton aspal terutama dengan menggunakan agregat basalt yang berasal dari Neuheuen Aceh Besar dan filler abu sekam padi dari kilang-kilang padi di Aceh. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui parameter Marshall Agregat basalt dengan variasi bahan pengisi portland cement dan abu sekam padi, sehingga diketahui pengaruh pencampuran dan pemadatan terhadap parameter marshall menggunakan aspal Pen 60/70 pada beton aspal (AC–BC). Variasi filler (portland cement disubstitusikan abu batu dan abu sekam padi disubstitusikan abu batu) yang mulai dari 0%, 2%, 4% dan 6%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan penggunaan portland cement dan abu sekam dapat mempengaruhi parameter Marshall dan nilai durabilitas campuran beton aspal (AC–BC) dari sebelumnya menggunakan filler abu batu basalt. Dengan menggunaan 6% portland cement – 0% abu batu nilai stabilitas sangat baik mencapai 9,34% dan nilai durabilitas sebesar 10,57%. Pada penggunaan 6% abu sekam – 0% abu batu nilai stabilitas menurun 26,30%, sedangkan untuk nilai durabilitas juga terjadi penurunan 9,74%. Penggunaan portland cement makin besar semakin baik digunakan untuk mendapatkan parameter Marshall dan nilai durabilitas, sedangkan pada sekam padi semakin besar penggunaannya parameter Marshall dan nilai durabilitas makin menurun. Kata kunci; Material Basalt, Beton Aspal (AC-BC), Aspal Pen 60/70, Bahan Pengisi Portland Cement dan Abu Sekam.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UJI KARAKTERISTIK ASPAL BETON LAPIS ANTARA (ASPHALT CONCRETE-BINDER COURSE, AC–BC) MENGGUNAKAN MATERIAL BASALT (STUDI KASUS VARIASI PERSENTASE FILLER ABU BATU BASALT DAN ABU SEKAM) (Irwanyah, 2014)

KARAKTERISTIK CAMPURAN ASPHALT CONCRETE-BINDER COURSE (AC-BC) MENGGUNAKAN MATERIAL BASALT DENGAN ASPAL PEN. 60/70 UNTUK BERBAGAI JENIS FILLER ( STUDI KASUS : FILLER ABU BATU, SEMEN PORTLAND DAN FLY ASH BATUBARA ) (Tarmizi, 2016)

UJI KARAKTERISTIK BETON ASPAL (AC–BC) MENGGUNAKAN MATERIAL BASALT DENGAN VARIASI AGREGAT HALUS DAN FILLER ABU KILN (STUDI KASUS : SUBTITUSI SEMEN PC DAN ABU KILN) (ELVIA ANDRIANI, 2015)

KAJIAN PARAMETER MARSHALL UNTUK CAMPURAN ASPAL BETON (AC-BC) MENGGUNAKAN MATERIAL BASALT DENGAN VARIASI AGREGAT HALUS BATU BASALT DAN ABU KILN (Mariana, 2015)

KARAKTERISTIK CAMPURAN ASPHALT CONCRETE- RNBINDER COURSE (AC-BC) MENGGUNAKAN MATERIAL RNBASALT DENGAN VARIASI FILLER ABU BATU BASALT, RNSEMEN PC, DAN FLY ASH BATUBARA (NURLISNA SAFITRI, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy