//

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGETAHUAN ORANG TUA TENTANG PENYAKIT JANTUNG BAWAAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang mutia rahmah - Personal Name
SubjectCONGENITAL DISEASES-MEDICIN
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2012

Abstrak/Catatan

Angka penderita penyakit jantung bawaan (PJB) setiap tahun meningkat. Orang tua sebagai orang yang paling dekat dengan anak diharapkan memiliki pengetahuan yang baik tentang PJB untuk meningkatkan perawatan dan kualitas hidup anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pengetahuan orang tua tentang PJB di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional yang dilakukan pada bulan Desember 2011- Januari 2012. Sampel diambil dengan consecutive sampling dengan responden sebanyak 45 orang. Variabel penelitian adalah pendidikan, usia, pendapatan dan sumber informasi. Berdasarkan hasil uji analisis Chi Square menemukan bahwa terdapat hubungan antara pendidikan dengan pengetahuan orang tua (p = 0,003; 95% CI; RP; 2,7(1,41-5,36), terdapat hubungan antara pendapatan dengan pengetahuan orang tua (p = 0,025; 95% CI; RP 2,2(1,04-4,89) dan terdapat hubungan antara sumber informasi dengan pengetahuan orang tua (p = 0,019; 95% CI; RP 2,4(1,06-5,65). Berdasarkan uji analisis Fisher Exact test tidak terdapat hubungan antara usia dengan pengetahuan orang tua (p = 0,681; 95% CI). Kesimpulan dari penelitian ini adalah pendidikan, pendapatan dan sumber informasi berhubungan dengan pengetahuan orang tua tentang PJB namun usia tidak berhubungan. Kata kunci: Penyakit Jantung Bawaan, Pengetahuan Orang Tua, Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengetahuan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN PERKEMBANGAN PADA BALITA DENGAN PENYAKIT JANTUNG BAWAAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (FADHILLAH IDRIS, 2014)

HUBUNGAN USIA IBU DAN FAKTOR LINGKUNGAN SAAT HAMIL DENGAN KEJADIAN PENYAKIT JANTUNG BAWAAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Pretty Puspitasari, 2015)

PROFIL PENYAKIT JANTUNG BAWAAN DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH PERIODE SEPTEMBER-OKTOBER TAHUN 2012 (Aulia Rahmatun Nufus, 2015)

HUBUNGAN KECEMASAN DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN GAGAL JANTUNG DI POLIKLINIK JANTUNG RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2016 (RINA RISMAYA, 2016)

HUBUNGAN OBESITAS TERHADAP PENYAKIT JANTUNG KORONER DI POLI KLINIK JANTUNG RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Aisyatun, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Tahun Terbit

   

Prodi

   

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.