//

DAMPAK BANTUAN DANA DESA TERHADAP PERTUMBUHAN USAHA MASYARAKAT DI GAMPONG LAMGUGOB

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mayanti - Personal Name
SubjectCAPITAL
MICROECONOMUCS
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Mayanti, 2019. Dampak Dana Desa Terhadap Pertumbuhan Usaha Masyaraka dt Gampong Lamgugob. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing (1) Dra. Ruaida, M.Si (2) Irma Anggraini, S.Pd, M.Pd Kata kunci : Dampak Dana Desa, Pertumbuhan Usaha Penelitian ini berjudul “ Dampak Dana Desa Terhadap Pertumbuhan Usaha Masyarakat di Gampong Lamgugob”. Rumusan masalah untuk mengetahui bagaimana dampak dana desa terhadap pertumbuhan usaha masyarakat. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui tingkat pertumbuhan tenaga kerja usaha kecil menengah masyarakat gampong lamgugob, (2) untuk mengetahui tingkat pertumbuhan modal usaha kecil menengah masyarakat gampong lamgugob dan (3) untuk mengetahui tingkat pertumbuhan laba atau keuntungan usaha kecil menengah masyarakat gampong lamgugob. Manfaat penelitian ini adalah sebagai acuan bagi pemerintah dalam mengambil suatu kebijakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini bersumber dari orang-orang yang memanfaatkan Dana Desa yang bersedia untuk diwawancarai berjumlah 4 orang. Dan 1 orang sebagai informan yaitu geuchik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan observasi, sedangkan teknik analisis data yaitu dengan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dampak Dana Desa sangat berdampak terhadap pertumbuhan usaha, baik dari segi pertumbuhan tenaga kerja, pertumbuhan modal dan pertumbuhan laba/keuntungan. Karena dengan adanya dana desa masyarakat yang baru saja ingin memulai usaha bisa meminjam dari dana desa untuk menambah modal awal. Begitu juga dengan masyarakt yang sudah membuka usaha, maka modal awal yang hanya sedikit bisa bertambah dengan adanya pinjaman dari dana desa, sehingga sekarang ini gampong lamgugob sudah dikatakan dengan gampong yang sejahtera bahkan pengangguran juga menjadi sedikit karena masyarakat mempunyai keinginan untuk membuka usaha dan itu juga demi kebutuhan masing-masing. Dengan adanya dana desa usaha yang mereka buka dapat meningkat dan bisa mencukupi biaya kehidupan sehari-hari, bahkan ada juga yang bisa membantu biaya perkuliahan anak dari keuntungan usaha yang mereka buka.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMANFAATAN DANA DESA DALAM PENGEMBANGAN BUMG DI KECAMATAN SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN (Herlisma, 2018)

PEMANFAATAN DANA DESA DALAM PEMBANGUNAN DESA (SUATU PENELITIAN DI DESA PEROLIHEN KEC.SITELLU TALI URANG JEHE, KAB.PAKPAK BHARAT) (dina banurea, 2017)

TINGKAT KEMAUAN DAN TINDAKAN IBU RUMAH TANGGA TERHADAP PEMBERIAN KONSUMSI SAYUR UNTUK ANAK BALITA DI GAMPONG LAMGUGOB DAN GAMPONG JEULINGKE KECAMATAN SYIAH KUALA KOTA BANDA ACEH (Intan Kemala Sari, 2016)

MANFAAT DANA BADAN USAHA MILIK GAMPONG (BUMG) BAGI KELOMPOK USAHA (SUATU KAJIAN PADA KELOMPOK USAHA BINA BERSAMA DI DESA LADANG TUHA 1 KECAMATAN LEMBAH SABIL KABUPATEN ACEH BARAT DAYA) (RAHMI SILVIA, 2016)

PEMANFAATAN DANA GAMPONG DALAM PEMBANGUNAN (STUDI PADA DESA PAYA BILI II KECAMATAN BIREM BAYEUN KABUPATEN ACEH TIMUR) (Ayu Widayanti, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy