//

ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN KATA BAKU DALAM KARANGAN SISWA DI KELAS IV SD COT JEUMPA LHOONG ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang FITTRI REJEKI - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL MEDIA
TEACHING MATERIALS
WRITING SKILLS - PRIMARY EDUCATION
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Rejeki, Fittri. 2019. Analisis kesalahan penggunaan kata baku dalam karangan siswa di kelas IV SD Cot Jeumpa Lhoong Aceh Besar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Bukhari, M.Pd., (2) Dra. Rosma Elly, M.Pd Kata kunci : kata baku, karangan. Kesalahan penulisan kata baku yang kurang tepat sering terjadi dalam tulisan siswa. Bahkan sepertinya mereka sudah terbiasa menulis tanpa memperhatikan bahasa baku. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana kesalahan penggunaan kata baku dalam karangan siswa di kelas IV SD Cot Jeumpa Lhoong Aceh Besar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan penggunaan kata baku dalam karangan siswa di kelas IV SD Cot Jeumpa Lhoong Aceh Besar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian ini adalah keseluruhan siswa pada kelas IV SD Cot Jeumpa, Lhoong Aceh Besar yang berjumlah 25 orang siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Tes yang dilakukan adalah membuat karangan bebas. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, menunjukkan kesalahan penggunaan kata baku dalam karangan untuk keseluruhan berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata 63,28. Kesimpulan pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Cot Jeumpa Lhoong Aceh Besar masih melakukan kesalahan penggunaan kata baku dalam karangan, sebagian dari siswa. Dan ada satu siswa yang membutuhkan perhatian lebih dari guru. Hal ini disebabkan siswa belum tepat menggunakan ejaan dengan benar, belum tepat menggunakan kata ulang, belum tepat menggunakan afiksasi, dan belum tepat menggunakan kata majemuk. Disarankan bagi guru untuk memperhatikan kaidah penulisan dalam setiap pembelajaran, karena kegiatan menulis merupakan kegiatan yang dijumpai setiap hari disemua pembelajaran, agar siswa tidak melakukan kesalahan dalam menggunakan kata baku.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

TEACHING WRITING A PROCEDURE TEXT BY USING PICTURE AND PICTURE TECHNIQUE FOR JUNIOR HIGH SCHOOL TEACHING WRITING A PROCEDURE TEXT BY USING PICTURE AND PICTURE TECHNIQUE FOR JUNIOR HIGH SCHOOL TEACHING WRITING A PROCEDURE TEXT BY USING PICTURE AND PICTURE TECHNIQUE FOR JUNIOR HIGH SCHOOL (Rizki Surya E, 2013)

TEACHERS’ STRATEGIES IN TEACHING WRITING (A CASE STUDY AT MAS INSAN QURANI ACEH BESAR) (FATAYATUL ‘ALIM, 2016)

THE USE OF PICTURE MEDIA IN DEVELOPING STUDENTS’ ACHIEVEMENT IN WRITING SKILL (AN EXPERIMENTAL STUDY AT SMPN 2 KUTA BARO ACEH BESAR) (Maryani, 2014)

PERBEDAAN KEMAMPUAN SISWA MENULIS KARANGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI DENGAN TANPA MEDIA GAMBAR DI KELAS IV SD NEGERI 3 BANDA ACEH (farha, 2015)

AN EXPLORATION ON TEACHER’S VIEW OF TEACHING EFL WRITING CLASS THROUGH PICTURE MEDIA (A QUALITATIVE STUDY AT MTSN RUKOH BANDA ACEH) (Muridhal , 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy