//

KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS MELALUI KARYA KOLASE DI KELAS IV SD NEGERI 3 KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang DELIA ELVIRA - Personal Name
SubjectSTUDY METHODS
LEARNING - EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Elvira, Delia. 2018. Kemampuan Peserta Didik dalam Meningkatkan Kreativitas Melalui Karya Kolase di Kelas IV SD Negeri 3 Kota Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala, Pembimbing : (1) Dra. Rosma Elly, M. Pd (2) Dra. Monawati, M. Pd Kata Kunci : Kemampuan peserta didik, Kreativitas, Karya Kolase Pembelajaran seni rupa dan prakarya dalam pengembangan kolase telah dilakukan ditingkat SD yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas peserta didik. Kolase adalah kreasi aplikasi yang dibuat dengan menggabungkan dan merekatkan bahan- bahan tertentu. Bahan yang digunakan untuk berkreasi kolase tidak terbatas bisa menggunakan aneka jenis bahan alam dan buatan secara bebas baik dilihat dari bentuk, maupun ukuran. Adapun rumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimanakah kemampuan peserta didik dalam mengembangkan kreativitas melalui karya kolase di kelas IV SD Negeri 3 Kota Banda Aceh. Adapun tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan peserta didik dalam mengembangkan kreativitas melalui karya kolase di kelas IV SD Negeri 3 Kota Banda Aceh. Pendekatan dalam penelitian ini kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 32 orang peserta didik kelas IV b di SD Negeri 3 Kota Banda Aceh. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, Penyajian data, kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan peserta didik dalam membuat karya kolase dengan pemanfaatan daun asam jawa di Kelas IV SD Negeri 3 Banda Aceh mencapai 76,00 (Baik), dengan kategori kegiatan persiapan diperoleh rata-rata 75,78 (Baik), pada tahap pelaksanaan diperoleh rata-rata 76,04 (Baik), dan pada tahap penyelesaian diperoleh rata-rata 75,78 (Baik). Oleh karna itu dapat disimpulkan bahwa kemampuan peserta didik dalam meningkatkan kreativitas melalui karya kolase telah berjalan dengan baik pada siswa kelas IV di SD Negeri 3 Kota Banda Aceh. Dapat disimpulkan bahwa melalui karya kolase dapat meningkatkan kreativitas SD Negeri 3 Kota Banda Aceh.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MEMBUAT KARYA KOLASE DENGAN PEMANFAATAN PELEPAH PISANG KERING MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DI KELAS IV SD NEGERI 12 BANDA ACEH (RISMA YANTI, 2018)

PENGEMBANGAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK MELALUI KERAJINAN MOZAIK DI KELAS IV SD NEGERI GAROT ACEH BESAR (NINING SURLIANI, 2018)

PENGEMBANGAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK PADA MATERI SENI RUPA MELALUI TEKNIK MONTASE KELAS IV DI SD NEGERI 3 SAMADUA ACEH SELATAN (KHALIDA ZIA CITRA PRATIWI, 2019)

PEMBELAJARAN SENI RUPA TERAPAN DI KELAS VIII PADA SMP NEGERI 11 LANGSA (TRINA ELLORA, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP, MOTIVASI BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI JAMUR DI SMA NEGERI 3 MEDAN (Salmaniah, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy