//

“PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 4 BANDA ACEH”

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang DAVIRA PUTRI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Putri, Davira. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 4 Banda Aceh. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing : (1) Dr. Amiruddin, S.Pd., M.Si (2) Nana Suraiya, S.Pd., M.Pd Kata Kunci: Media pembelajaran, permainan monopoli, model pengembangan ADDIE Penelitian yang berjudul “Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA N 4 Banda Aceh” ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan media pembelajaran monopoli pada materi pendapatan nasional di SMA N 4 Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau research and development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-IS-2 dengan jumlah siswa sebanyak 28 siswa ditambah dengan satu orang guru mata pelajaran ekonomi. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan lembar validasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Analisis, pada tahap ini peneliti menetapkan media pembelajaran monopoli sebagai media dalam mengatasi kebosanan siswa saat belajar 2) Perancangan, peneliti merancang desain media pembelajaran monopoli dikertas sebelum di desain dengan menggunakan coreldraw dan kemudian di cetak 3) Pengembangan, media pembelajaran monopoli mengalami beberapa perbaikan berdasarkan saran para validator 4) Implementasi, siswa terlihat antusias dan senang dalam pembelajaran menggunakan media pembelajaran monopoli 5) Evaluasi, pada tahap ini diketahui bahwa media pembelajaran monopoli layak digunakan sebagai media pembelajaran. Berdasarkan hasil validasi media dan materi diperoleh nilai sebesar 91,87% dan 98,33% dengan kriteria sangat layak. Presentase tanggapan guru sebesar 100% dengan kriteria sangat layak sedangkan tanggapan siswa 80,08% dengan kriterian layak. Artinya, media pembelajaran monopoli dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada materi pendapatan nasional. Disarankan kepada para peneliti lainnya perlu adanya pengembangan lebih lanjut sehingga materi yang terdapat dalam media pembelajaran monopoli tidak hanya sebatas pada materi pendapatan nasional tetapi juga materi-materi ekonomi lainnya.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI GEOGRAFI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS GEOGRAFI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 BANDA ACEH (meylisa mutia, 2013)

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB PADA MATERI EKONOMI DI SMA NEGERI 3 BANDA ACEH (JUWITA ULFA, 2019)

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK DENGAN MEDIA MONOPOLI UNTUK MENGATASI MISKONSEPSI DALAM MATERI KALOR PADA SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Yusnita, 2018)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN ARENDS DENGAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII SMP NEGERI 9 BANDA ACEH (ZAITUN MUNAR, 2018)

KESULITAN GURU DALAM PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN IPS DI SD NEGERI GUGUS JAMBU KECAMATAN BAITURRAHMAN BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2011/2012 (ira yunida, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy