//

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB PADA MATERI EKONOMI DI SMA NEGERI 3 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang JUWITA ULFA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Juwita Ulfa. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Materi Ekonomi di SMA Negeri 3 Banda Aceh. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Amiruddin, S.Pd., M.Si (2) Nana Suraiya, S.Pd., M.Pd Kata Kunci : Media Pembelajaran, Web, Ekonomi. Penelitian yang berjudul “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Materi Ekonomi di SMA Negeri 3 Banda Aceh” telah selesai dilaksanakan. Penelitian ini mengangkat permasalahan mengenai bagaimanakah mengembangkan media pembelajaran berbasis web dan apakah media pembelajaran berbasis web yang dikembangkan layak digunakan pada materi ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, mendesain produk pembelajaran yang berupa web dan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis web pada materi ekonomi di SMA Negeri 3 Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan aktivitas menggunakan pedoman dari model ADDIE. Tahap analisis dilakukan untuk menganalisis masalah yang dihadapi oleh siswa dalam memahami materi ekonomi. Tahap perancangan memulai dengan merancang media web. Tahap pengembangan media sudah siap dan kemudian dilanjutkan dengan melakukan validasi materi dan media oleh 1 validator ahli materi yaitu guru mata pelajaran ekonomi, 2 validator ahli media dan 1 validator angket tanggapan guru dan siswa yaitu dosen Pendidikan Ekonomi. Pada tahap implementasi dilakukan uji coba pada siswa kelas XII IPS 1 yang berjumlah 24 orang dan siswa kelas XI IPS 2 yang berjumlah 28 orang. Tahap evaluasi dilakukan untuk mengetahui tanggapan dari guru dan siswa mengenai media pembelajaran berbasis web. Hasil rata-rata validator ahli menunjukkan persentase kelayakan sebesar 94,5%. Angket hasil tanggapan guru terhadap media pembelajaran berbasis web menunjukkan persentase respon positif sebesar 90% dengan kategori sangat baik. Respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis web dilihat pada uji coba produk dilapangan. Hasil angket tanggapan siswa terhadap media pembelajaran berbasis web menunjukkan persentase respon positif sebesar 84,14% dengan kategori sangat baik. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis web pada materi ekonomi layak untuk diterapkan dan digunakan sebagai media pembelajaran berbasis web.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

“PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 4 BANDA ACEH” (DAVIRA PUTRI, 2019)

PENGEMBANGAN MEDIA QUICK RESPON CODE BERBASIS WEB SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN INSTRUMEN KIMIA DI LABORATORIUM KIMIA FKIP UNSYIAH (NURMALAHAYATI, 2018)

EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN SELF TUTORIAL BERBASIS KOMPUTER PADA MATERI HIDROLISIS GARAM (Chairunnisak, 2016)

PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS EDUTAINMENT PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DI KELAS VII SMPN 1 BAITUSSALAM TAHUN AJARAN 2013/2014 (Nadya Muharramah, 2014)

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA KARTU REMI PADA MATERI JURNAL PENYESUAIAN PERUSAHAAN JASA DI SMA NEGERI 8 BANDA ACEH (Mauliza Wati, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy