//

UPAYA GURU PENDIDIKAN JASMANI DALAM MEMBINA KEDISIPLINAN SISWA PADA GUGUS MONTASIK

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Winda Lestari - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
PHYSICAL EDUCATION - PRIMARY EDUCATION
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Lestari, Winda 2018. Upaya Guru Pendidikan Jasmani dalam Membina Kedisiplinan Siswa pada Gugus Montasik, Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala, Pembimbing: (1) Drs M. Nasir Yusuf, M. Kes (2) Drs. Bukhari, M. Pd Kata Kunci: Guru Pendidikan Jasmanai, Kedisiplinan Siswa Guru pendidikan jasmani diharapkan berperan aktif dalam membina kedisiplinan siswa. Guru pendidikan jasmani dapat melakukan pendekatan yang menarik bagi siswa melalui proses pembelajaran pendidikan jasmani. Sehingga, guru dapat dengan mudah mengarahkan dan membina siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimanakah upaya dan apakah kendala yang dilakukan oleh guru pendidikan jasamani dalam membina kedisiplinan siswa pada gugus Montasik. Adapun tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui upaya dan kendala yang dilakukan oleh guru pendidikan jasmani dalam membina kedisiplinan siswa pada gugus montasik. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini terdiri dari lima orang guru penjaskesrek. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dan wawancara. Analisis Data menggunkan reduksi data, display data dan verifikasi data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru penjaskesrek dalam penerapan kedisiplinan di SD Gugus Montasik dengan cara membiasakan siswa disiplin dalam belajar dan memberikan keteladanan bagi siswa. Guru mengarahkan siswa untuk tertib dalam belajar, mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan dalam belajar, mengerjakan tugas tepat waktu, mengarahkan siswa berpakaian rapi dan sopan, mengarahkan siswa disiplin dalam menggunakan waktu dan tidak bermain-main saat jam belajar dan siswa tidak diperbolehkan keluar masuk kelas tanpa seizin guru. Strategi yang digunakan oleh guru dalam melakukan peningkatan kedisiplinan siswa yaitu melalui pengkondisian sekolah dengan menempelkan tata terib sekolah, kata-kata yang berkaitan dengan kedisiplinan dan juga kata-kata motivasi agar siswa dapat membacanya. Selain itu, guru juga mengkondisikan siswa dengan memberikan contoh teladan bagi siswa, sehingga siswa dapat mencontoh perilaku yang dilakukan oleh guru. Kendala yang dihadapi guru dalam penerapan kedisiplinan terdiri atas tidak adanya motivasi dalam hal belajar disiplin ketika berada dirumah sehingga itu akan mempengaruhi sikap mereka untuk berdisiplin, kondisi lingkungan dan teman yang belum memberikan contoh yang baik bagi siswa lainnya terhadap arti tata tertib sekolah dengan baik.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS GAYA MENGAJAR GURU PENDIDIKAN JASMANI SEKOLAH DASAR BANDA ACEH (SYAHRIL, 2019)

EFEKTIFITAS INSTRUKSI LISAN DAN PENGGUNAAN PELUIT DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI (JAFARUDDIN, 2019)

UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN GURU SEKOLAH DASAR PADA GUGUS 4 KECAMATAN TIMANG GAJAH KABUPATEN BENER MERIAH (RAHMAT SUSANTO, 2017)

OBSERVING ENGLISH LISTENING SKILL TO STUDENTS WITH AUTISM BY USING TOTAL PHYSICAL RESPONSE (Evriani Rotua Gea, 2019)

OBSERVING ENGLISH LISTENING SKILL TO STUDENTS WITH AUTISM BY USING TOTAL PHYSICAL RESPONSE (Evriani Rotua Gea, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy