//

HUBUNGAN STRES DAN KESEJAHTERAAN (WELL-BEING) DENGAN MODERASI KEBERSYUKURAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Erlis Manita - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Stres menjadi salah satu faktor risiko paling besar munculnya gangguan jiwa. Hal ini berkaitan dengan keadaan kesejahteraan pada diri individu. Salah satu cara untuk mengatasi stres yang dialami adalah dengan bersyukur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan stres dan kesejahteraan dengan moderasi kebersyukuran pada dewasa muda yang berdomisili di Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yang melibatkan 349 responden dewasa muda (264 Perempuan, 85 Laki-Laki) dengan rentang usia 20-40 tahun (M=22,20), dipilih melalui metode nonprobability sampling dengan teknik incidental sampling. Tingkat stres individu diukur menggunakan Perceived Stress Scale (α=0,804), kesejahteraan diukur menggunakan The Warwick-Edinburgh Mental Well-being Scale (α=0,874), dan kebersyukuran diukur menggunakan Skala Bersyukur Indonesia (α=0,904). Data penelitian dianalisis menggunakan moderated regression analysis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa stres memiliki hubungan negatif yang signifikan terhadap kesejahteraan dengan nilai signifikansi (t=0,000 < 0,05), selanjutnya kebersyukuran mampu memoderasi hubungan stres dan kesejahteraan dengan nilai signifikansi (t=0,001

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN KEBERSYUKURAN DENGAN STRES KERJA PADA PETUGAS PENJAGAAN RUMAH TAHANAN NEGARA (Devi Novianty, 2016)

KEBERSYUKURAN PADA IBU YANG MEMILIKI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (Ajran Nura, 2017)

HUBUNGAN STRES DENGAN PERUBAHAN NAFSU MAKAN PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (wirdah, 2014)

PENGARUH STRES TRAUMA KERJA TERHADAP GANGGUAN STRES PASCA TRAUMA DAN BURNOUT DENGAN COPING HUMOR SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA DOKTER MUDA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (MERY KURNIATI, 2016)

PENGARUH STRES KERJA TERHADAP PERILAKU KESELAMATAN DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL SEBAGAI PEMODERASI PADA SUPIR ANGKUTAN DARAT TERMINAL TIPE B KOTA BANDA ACEH (Muzakir, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy