//

HUBUNGAN ANTARA STEREOTIP “PIDIE KRIET” DENGAN ALTRUISME PADA MAHASISWA PIDIE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RUHUL AFLAH - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK “Pidie Kriet” merupakan sebuah istilah yang melekat pada masyarakat Pidie, Aceh, Indonesia. Istilah tersebut masih berkembang hingga saat ini dan telah menjadi sebuah stereotip untuk masyarakat Pidie yang diartikan masyarakat Pidie pelit. Stereotip tersebut tidak hanya berkembang dikalangan masyarakat Pidie dan sekitarnya, akan tetapi juga dikalangan mahasiswa Pidie. Hal ini tentunya dapat memengaruhi perilaku sosialnya dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya adalah perilaku altruisme. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara stereotip “Pidie Kriet” dengan perilaku altruisme pada mahasiswa Pidie. Sebanyak 116 mahasiswa Pidie yang terdiri dari 34 laki-laki dan 82 perempuan dengan rentang usia 18-25 tahun telah dipilih sebagai sampel penelitian dengan menggunakan teknik sampling insidental. Skala Stereotip “Pidie Kriet” disusun penelitian dan skala Self Report Altruisme (SRA) dari Rushton, Chrisjohn, dan Fekken (1981) digunakan sebagai instrumen penelitian dalam pengumpulan data. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara stereotip “Pidie Kriet” dengan altruisme, dengan nilai signifikansi (p)=0,014 dan koefiensi korelasi (r)=-0,227. Hal ini dapat diartikan bahwa terdapat 22,7% stereotip “Pidie Kriet” berkontribusi terhadap perilaku altruisme pada mahasiswa Pidie. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat 89,7% subjek penelitian memiliki tingkat perilaku altruisme yang tinggi dan 94,8% dengan stereotip “Pidie Kriet” yang rendah. Hal ini dapat disimpulkan bahwa pada umumnya stereotip "Pidie Kriet" tidak berdampak pada perilaku altruisme mahasiswa Pidie. Kata Kunci: Stereotip, “Pidie Kriet”, Altruisme, Mahasiswa.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STEREOTIP WARGA BANDA ACEH TERHADAP SIFAT ORANG PIDIE (STUDI KOMUNIKASI ANTARBUDAYA MASYARAKAT BANDA ACEH DAN ORANG PIDIE) (TEUKU MIFTHAHUDDIN, 2015)

STEREOTIP MAHASISWA UNSYIAH TERHADAP SIFAT ORANG SIMEULUE (STUDI KOMUNIKASI ANTARBUDAYA MAHASISWA UNSYIAH TERHADAP ORANG SIMEULUE) (Nurja, 2018)

ANALISIS PRODUKSI GARAM DI KABUPATEN PIDIE DAN KABUPATEN PIDIE JAYA (T.iqbal Safriza N, 2019)

ANALISIS KETIMPANGAN PEMBANGUNAN ANTARA KABUPATEN PIDIE DAN KABUPATEN PIDIE JAYA PASCA PEMEKARAN PADA TAHUN 2007 (RIZKI RAMADHAN, 2016)

HUBUNGAN NILAI UJIAN SEMESTER DENGAN NILAI UJIAN NASIONAL PADA MATA PELAJARAN IPA SD NEGERI 1 TEUBENG KABUPATEN PIDIE (HERLIZA, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy