//

STATUS GIZI MURID SDN 19 DAN SDN 35 KOTA BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2019/2020

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SYAHRI RAMADHANA - Personal Name
SubjectNUTRITION - HEALTH
CHILDREN - HEALTH
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Ramadhana, Syahri. 2019. Status Gizi Murid SDN 19 dan SDN 35 Kota Banda Aceh. Skripsi, Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Jurusan Pendidikan Olahraga, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Razali, M.Pd. (2) Masri, S.Pd., M.Pd. Kata kunci : status gizi, murid SDN 19 dan SDN 35 Kota Banda Aceh Kebutuhan gizi dalam kehidupan sehari-hari sangat penting dan bagi setiap orang tidak sama. Kebutuhan gizi dapat dipengaruhi oleh tingkat umur, jenis kelamin, berat badan, dan tinggi badan. Zat gizi juga merupakan kompenen pembangun yang sangat dibutuhkan dalam proses pertumbuhan, mempertahankan dan memperbaiki serta memberikan energi pada tubuh. Masalah gizi yang dihadapi oleh anak-anak pada usia sekolah dasar, salah satu di antaranya adalah obesitas, gagal tumbuh dan bisa disebabkan oleh keadaan lingkungan dan latar belakang ekonomi. Untuk menjawab permasalahan tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana status gizi murid SDN 19 dan SDN 35 Kota Banda Aceh tahun ajaran 2019/2020. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian perbandingan. Populasi yang diambil pada SDN 19 berjumlah 161 murid, sedangkan pada SDN 35 berjumlah 204 murid. Pengambilan sampel dilakukan secara acak sebesar 10% dari jumlah populasi murid yang ada, yaitu pada SDN 19 sebanyak 16 murid dan pada SDN 35 sebanyak 20 murid. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara menggunakan pengukuran antropometri yaitu meliputi indeks masa tubuh menurut umur 5-18 tahun, perhitungan melalui jenis kelamin antara murid laki-laki dan perempuan serta melalui pengukuran berat badan, dan tinggi badan. Selanjutnya, data dianalisis berdasarkan teknik analisis data menggunakan kuantitatif dengan rata-rata dan persentase. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa rata-rata status gizi yang terdapat pada murid SDN 19 adalah -0,49 kategori (Normal), dengan kriteria yaitu sebagai berikut: (1) 14 murid atau sebesar 87% berada pada kategori “Normal” dan (2) 2 murid atau 13% berada pada kategori “Gemuk”. Begitu juga rata-rata status gizi yang terdapat pada murid SDN 35 adalah 0.24 kategori (Normal), dengan kriteria sebagai berikut: (3) 11 murid atau sebesar 55% berada pada kategori “Normal” dan (4) 9 murid atau sebesar 45% berada pada kategori “Gemuk”. Simpulan nilai secara keseluruhan pada murid SDN 19 dan SDN 35 Kota Banda Aceh berada pada kategori (Normal). Saran bagi keluarga dan pihak sekolah agar lebih memerhatikan bagaimana kondisi status gizi anak.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STATUS GIZI MURID SDN 19 DAN SDN 35 KOTA BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2019/2020 (SYAHRI RAMADHANA, 2019)

HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU, STATUS GIZI, DAN STATUS IMUNISASI DASAR TERHADAP KESEHATAN BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS DARUL KAMAL TAHUN 2013 (Elida Rosa Agustina , 2016)

PERBANDINGAN STATUS GIZI SECARA ANTROPOMETRI PADA MURID TAMAN KANAK-KANAK KAMALIYAH ACEH BESAR DAN TAMAN KANAK-KANAK AL-AZHAR BANDA ACEH TAHUN 2011 (Andi Akbar Ibhaliswan, 2014)

PERBANDINGAN STATUS GIZI ANTARA MURID LAKI-LAKI DAN MURID PEREMPUAN DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU AL-AZHAR SYIAH KUALA BANDA ACEH (Resi Devi Yanti, 2014)

EVALUASI STATUS GIZI PADA MURID SEKOLAH DASAR NEGERI BULUH DIDI KLUET TIMUR TAHUN 2013/2014 (Maidiana, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy