//

PENGARUH DAUN PEPAYA (CARICA PAPAYA L.) SEBAGAI PESTISIDA ALAMI PADA HAMA KUMBANG BERAS (SITOPHILUS ORYZAE)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cut Nia Audina - Personal Name
SubjectPESTICIDES-AGRICULTURE
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Kata Kunci: Sitophilus oryzae, repelensi, mortalitas Telah dilakukan penelitian tentang pemanfaatan daun pepaya sebagai daya tolak (repelen) terhadap hama kumbang beras (Sitophilus oryzae). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan senyawa metabolit sekunder yang terdapat pada daun pepaya (Carica papaya L.), mengetahui tingkat daya repelensi dari berbagai konsentrasi, dan tingkat mortalitas kumbang terhadap serbuk daun pepaya. Hasil penelitain menunjukkan bahwa ekstrak etanol daun pepaya mengandung senyawa metabolit sekunder seperti alkaloid, flavonoid, terpenoid, dan saponin. Terdapat berbagai perlakuan yang dilakuakan dalam mengamati daya repelensi yaitu 5 gram, 10 gram, 15 gram, dan 20 gram serbuk nabati. Hasil daya repelensi tertinggi yang diperoleh setelah 1 jam pengamatan terdapat pada perlakuan 15 gram serbuk dengan persentase 33,33% dan tingkat mortalitas tertinggi setelah 6 hari perlakuan ditunjukkan oleh perlakuan P5 (20 gram), dengan persentase mortalitas 80%.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH EKSTRAK DAUN MAHONI (SWITENIA MACROPHYLLA KING) TERHADAP MORTALITAS PADA HAMA KUTU BERAS (SITOPHILUS ORYZAE L.) (Fira Tasuti, 2017)

APLIKASI EKSTRAK BUAH PEPAYA (CARICA PAPAYA L.) SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN BLEACHING ALAMI DITINJAU DARI PERUBAHAN WARNA DAN GAMBARAN MIKROSKOPIS PADA EMAIL GIGI (FLORENCIA LISADI, 2017)

KEEFEKTIFAN CAMPURAN SERBUK PALA DAN LADA HITAM TERHADAP MORTALITAS SITOPHILUS ORYZAE DI PENYIMPANAN (aris afandi, 2015)

PENGARUH EKSTRAK DAUN PEPAYA (CARICA PAPAYA L.) TERHADAP WAKTU PERDARAHAN TIKUS WISTAR (RATTUS NORVEGICUS) (Dara Elvia Rahayu Sukma, 2015)

PENGARUH EKSTRAK DAUN PEPAYA (CARICA PAPAYA LINN) TERHADAP PENYEMBUHAN ULKUS TRAUMATIK MUKOSA ORAL (PENELITIAN PADA TIKUS MODEL) (Gustiyani, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy