//

PENGARUH PENAMBAHAN NATRIUM BENZOAT TERHADAP UMUR SIMPAN SELAI SAMAHANI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL ARRHENIUS

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Sherlya Nanda - Personal Name
SubjectFOOD - PRESERVATION
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

: Selai Samahani adalah salah satu makan khas yang dapat dijumpai di Aceh. Selai Samahani terbuat dari adonan santan, telur, gula dan maizena. Keunikan Selai Samahani tidak dilakukan penambahan pengawet di dalamnya sehingga para produsen Selai Samahani tidak memproduksinya secara komersil. Hal ini dikarenakan Selai Samahani mudah mengalami kerusakan. Selama ini produsen selai samahani belum memiliki informasi umur simpan yang akurat. Penelitian bertujuan untuk memperpanjang umur simpan Selai Samahani dengan penambahan Natrium Benzoat. Penelitian bertujuan untuk memperpanjang umur simpan Selai Samahani dengan penambahan Natrium Benzoat. Pendugaan umur simpan ini ditentukan melalui perubahan mutu Selai Samahani berdasarkan dua faktor, Faktor I adalah kosentrasi Natrium Benzoat yang terdiri dari 2 taraf yaitu: A1= 0 %, A2 = 0,05 %, Faktor II adalah suhu penyimpanan terdiri atas 3 taraf yaitu: S1= 300C, S2 = 400C dan S3= 500C. Dengan demikian terdapat 6 kombinasi perlakuan dengan dua kali ulangan diperoleh 12 satuan percobaan. Dari hasil penelitian ini diperoleh umur simpan selai samahani dengan parameter kritis kadar air tanpa penambahan Natrium Benzoat suhu 30°C = 19 hari. Pada suhu 40°C = 9 hari. Pada suhu 50°C = 5 hari. Sedangkan umur simpan Selai Samahani dengan penambahan Natrium Benzoat pada suhu 30°C = 490 hari. Pada 40°C = 235 hari. Pada suhu 50°C = 118 hari. Sedangkan berdasarkan nilai TCC penambahan Natrium Benzoat suhu 30°C = 328 hari. Pada suhu 40°C = 228 hari. Pada suhu 50°C = 83 hari. Sedangkan umur simpan Selai Samahani dengan penambahan Natrium Benzoat pada suhu 30°C = 342 hari. Pada 40°C = 224 hari. Pada suhu 50°C = 123 hari.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJIAN PEMBUATAN SELAI BUAH NAGA MERAH (HYLOCEREUS POLYRHIZUS) DAN PENDUGAAN PENURUNAN AKTIVITAS ANTIOKSIDAN SELAMA PENYIMPANAN DENGAN METODE ARRHENIUS (Syarifah Qurrata A`yun, 2019)

PENDUGAAN UMUR SIMPAN SAUS CABAI (CAPSICUM ANNUM L.) DAN PENAMBAHAN PENGAWET DI INDUSTRI USAHA MENENGAH DENGAN MENGGUNAKAN MODEL ARRHENIUS (Maria Utami, 2017)

PENDUGAAN UMUR SIMPAN TEPUNG BIJI DURIAN (DURIO ZIBETHINUS)DENGAN MENGGUNAKAN PERSAMAAN ARRHENIUS (SUHAIMI, 2016)

PENDUGAAN UMUR SIMPAN TOMAT (LYCOPERSIUM ESCULENTUM MILL) BERDASARKAN KANDUNGAN TOTAL PADATAN TERLARUT DENGAN MODEL ARRHENIUS DAN Q10 (Sarmedi, 2018)

PENDUGAAN UMUR SIMPAN BUAH JERUK MANIS (CITRUS SINENSIS) BERDASARKAN KANDUNGAN TOTAL PADATAN TERLARUT DENGAN MODEL ARRHENIUS DAN Q10 (Ria Yuliana, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy