//

STUDI PENGARUH NILAI COGNITIVE DAN SOCIAL PARAMETER PADA PSO TERHADAP KINERJA BEIA DALAM MENDETEKSI LOKASI KOROSI BETON BERTULANG

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ahmad Julianda - Personal Name
SubjectCORROSION
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Untuk mendeteksi korosi pada tulangan dalam beton, metode-metode baru terus dikembangkan. Salah satunya adalah Boundary Element Inverse Analysis (BEIA) yang merupakan metode deteksi korosi secara numerikal. BEIA mendeteksi korosi dengan mengkombinasikan parameter Boundary Element Method (BEM) dan Particle Swarm Optimization (PSO). BEM untuk menghitung nilai potensial pada permukaan beton, sedangkan PSO berfungsi untuk mengevaluasi cost function antara potensial hasil perhitungan BEM dan potensial hasil pengukuran. Pada penelitian sebelumnya, BEIA terbukti telah berhasil mendeteksi lokasi korosi beton bertulang dan menghasilkan akurasi yang sangat baik yaitu dengan eror ≤ 5 %. Penelitian lanjutan juga telah dilakukan dengan mempelajari beberapa parameter dalam BEM dan PSO. Namun terdapat beberapa parameter pada PSO yang belum dikaji seperti learning rates partikel dalam menemukan korosi yaitu cognitive dan social parameter, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh kedua parameter tersebut pada PSO terhadap kinerja BEIA dalam mendeteksi lokasi korosi beton bertulang. Simulasi dijalankan dengan menvariasikan kedua nilai parameter tersebut mulai dari 0,1 ; 0,3 ; 0,5 ; 0,7 ; 0,9 ; 1,2 ; 1,5 ; 2 ; 3 dan 5. Hasil simulasi numerik menunjukkan variasi kedua parameter tersebut menentukan kecepatan partikel PSO untuk menemukan lokasi korosi beton bertulang. Oleh karena itu, nilai cognitive dan social parameter memberikan efek terhadap kinerja BEIA dalam mendeteksi lokasi korosi pada beton bertulang. Kata kunci : Korosi, PSO, BEM, BEIA, Cognitive, Social Parameter, Beton Bertulang

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STUDI KEPEKAAN UKURAN MESH TERHADAP KEMAMPUAN PERANGKAT LUNAK BEIA DALAM MENDETEKSI LOKASI KOROSI PADA BETON BERTULANG (M FADHIL AZKYA, 2019)

STUDI PENGARUH RASIO ELEMEN TERHADAP DISTRIBUSI POTENSIAL SISTEM PROTEKSI KATODIK PADA BETON BERTULANG MENGGUNAKAN BEM-3D (FRAN TONI, 2019)

STUDI POTENSIAL KOROSI BETON BUSA BERTULANG DENGAN POZZOLAN SEBAGAI BAHAN PENGISI MENGGUNAKAN METODE HALF-CELL POTENTIAL MAPPING (Ammar Ramzy, 2017)

STUDI PENGARUH JARAK ANODA-KATODA TERHADAP DISTRIBUSI POTENSIAL KOROSI PADA SISTEM PROTEKSI KATODIK BETON BERTULANG (MUHAMMAD RIZKY, 2018)

SIMULASI DISTRIBUSI POTENSIAL KOROSI PADA PROTEKSI KATODIK BETON BERTULANG DENGAN MEMVARIASIKAN UKURAN ELEMEN MENGGUNAKAN BEM-3D (Ginting Arief Pinanta, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy