//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LUAS BANGUN DATAR DI KELAS V SD KARTIKA XIV-2 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurleni - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
TEACHING METHODE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

iii ABSTRAK Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS), bangun datar, hasil belajar. Penelitian yang berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Luas Bangun Datar di Kelas V SD Kartika XIV-2 Banda Aceh” ini mengangkat masalah: a) bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa, b) bagaimanakah kemampuan guru, dan c) bagaimanakah aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada materi luas bangun datar di kelas V SD Kartika XIV-2 Banda Aceh?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa, kemampuan guru dan aktivitas siswa dalam pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada materi luas bangun datar di kelas V SD Kartika XIV-2 Banda Aceh. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Kartika XIV-2 Banda Aceh sebanyak 20 siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Pengolahan data menggunakan teknik statistik sederhana dalam bentuk perhitungan nilai rata-rata dan persentase. Hasil analisis data menunjukkan: a) Hasil belajar siswa siklus 1 diperoleh 67,75 (70%), siklus II diperoleh 75,25 (80%), dan siklus III diperoleh 83,75 (100%). b) Kemampuan guru siklus I diperoleh 3,23 (cukup), siklus II diperoleh 3,64 (baik), dan siklus III diperoleh 4,52 (sangat baik). c) Aktivitas siswa siklus 1 diperoleh 3,42 (cukup), siklus II diperoleh 3,7 (baik), dan siklus III diperoleh 4,52 (sangat baik). Hal ini sesuai dengan kategori nilai yang menjadi acuan penelitian ini, jadi dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bangun datar. Disarankan penelitian selanjutnya untuk mengkaji lebih dalam hal-hal yang dirasa kurang dalam penelitian ini, umpamanya dalam menggambar jenis-jenis bangun datar.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA MATERI LUAS BANGUN DATAR DI KELAS V SD NEGERI 62 BANDA ACEH (Linawati, 2014)

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA MATERI BANGUN RUANG DI KELAS IV SD NEGERI 18 BANDA ACEH (nur maulidawati, 2013)

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWAPADA MATERI OPERASI BILANGAN BULAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE DI KELAS IV SDN UJONG KUTA (Murni Asdar, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT PADA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR DI KELAS IV SDN LHOKSEUMULU ACEH BESAR (NUZUL KURYANI, 2014)

PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS V SD NEGERI 18 BANDA ACEH (yoesoesi afdal, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy