//

PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR FISIKA PADA KELAS AKSELERASI DENGAN KELAS REGULER DI SMA NEGERI MODAL BANGSA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ANA MARIANA - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
PHYSICS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Kata Kunci: Belajar, Akselerasi, Reguler SMA Negeri Modal Bangsa Aceh mempunyai kelas akselerasi dan kelas reguler kedua program pendidikan tersebut meskipun berbeda, merupakan jalur pendidikan anak berbakat yang orientasinya sama yaitu dalam peningkatan mutu dan daya saing pendidikan. Terdapat teori umum yang melandasi penyusunan skripsi ini, yaitu Menurut Assaat (2007:12) mengatakan, “Program akselerasi bersifat mempercepat proses belajar anak berpotensi menimbulkan stres, khususnya stres akademis, apabila anak tidak dapat menanggulangi tantangan serta tuntutan percepatan proses belajar, besar kemungkinan ia akan mengalami stres sehingga kondisi fisik maupun psikologis ini dapat mempengaruhi prestasi belajar”. tidak menutup kemungkinan bahwa dalam pencapaian kualitas mutu pendidikan dalam hal akademik dan non-akademik dari para siswa peserta program akselerasi dan reguler terdapat perbandingaan dikarenakan penyelengaraan pembelajaran yang berbeda. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah hasil belajar fisika siswa kelas akselerasi lebih baik dari siswa reguler di SMA N Modal Bangsa Aceh pada semester pada 2 semester ? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan tingkat keberhasilan antara prestasi belajar yang dicapai oleh siswa akselerasi dengan siswa kelas reguler di SMA Negeri Modal Bangsa Aceh pada aspek kognitif dan psikomotor untuk mata pelajaran fisika. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Program akselerasi dan reguler di SMA Negeri Modal Bangsa Aceh yang berjumlah 5 kelas dengan jumlah siswa ± 144 siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas akselerasi dengan jumlah 22 orang dan siswa reguler 24 orang, pemilihan sampel dilakukan secara random sampling. Pegumpulan data pada penelitian ini adalah data nilai rapor untuk mata pelajaran fisika. Analisis data dilakukan menggunakan uji statistik (uji-t). Berdasarkan pengolahan data dilakukan ternyata thitung < ttabel yaitu 0,39 > 1,69 Hal ini dapat dijelaskan H0 diterimah dan Ha ditolak. Dapat disimpulkan bahwa terdapat prestasi belajar fisika yang dicapai oleh siswa akselerasi lebih rendah dari siswa reguler pada semester pertama dan kedua di SMA Negeri Modal Bangsa Aceh pada aspek kognitif dan psikomotor untuk mata pelajaran fisika.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN ALGORITMIK SISWA KELAS XII IPA AKSELERASI DENGAN KELAS XII IPA REGULER DI SMAN MODAL BANGSA ACEH BESAR PADA MATERI STOIKIOMETRI RNTAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Rahmad Rizki Fazli, 2014)

PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS AKSELERASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN FISIKA DI SMAN 3 BANDA ACEH (MILI ANDRIYANI, 2015)

PERBEDAAN TINGKAT KECEMASAN SISWA KELAS AKSELERASI DENGAN SISWA KELAS REGULER DI SMA NEGERI MODAL BANGSA ACEH (Rahmat Ikbal, 2015)

PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI MODAL BANGSA TAHUN PELAJARAN 2012/2013 DAN HUBUNGANNYA DENGAN NILAI UJIAN NASIONAL MATEMATIKA SMP (Julia Noviani, 2014)

PERBEDAAHN HASIL BELAJAR FISIKA ANTARA SISWA ATLET BINAAN DISPORA KOTA BANDA ACEH DENGAN SISWA NON ATLET PADA SMA NEGERI 9 BANDA ACEH (Nadia Juwita, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy