//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PADA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN DI KELAS IV SD NEGERI 62 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ANNA FITRIA - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
TEACHING METHODS
MATHEMATICS - ELEMENTARY EDUCATION
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing, operasi hitung campuran Penelitian yang berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Snowball Throwing pada Materi Operasi Hitung Campuran di Kelas IV SD Negeri 62 Banda Aceh” ini mengangkat masalah: 1) Apakah hasil belajar siswa dapat mencapai ketuntasan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada materi operasi hitung campuran di kelas IV SD 62 Banda Aceh? 2) Bagaimana kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing? 3) Bagaimana respon siswa terhadap proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing? Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada materi operasi hitung campuran di kelas IV SD 62 Banda Aceh, 2) Mengetahui kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing, 3) Mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas IV SD Negeri 62 Banda Aceh dan yang menjadi sampel siswa kelas IVA di SD Negeri 62 Banda Aceh sebanyak 32 siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu melalui tes, lembar observasi kemampuan guru dan angket respon siswa. Tes dilakukan dengan postes. Nilai yang didapat dari tes inilah yang diambil sebagai data, kemudian data diolah dengan menggunakan uji-t, sedangkan data yang didapat dari lembar observasi kemampuan guru dan angket respon siswa diolah dengan menggunakan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dapat mencapai ketuntasan belajar siswa, taraf signifikan α = 0,05 dan dk = 31. Dari hasil tersebut diperoleh t_((0,95)(31)) = 1,69 karena t_hitung > t_tabel yaitu 6,95 > 1,69. Dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Snowball Throwing pada materi operasi hitung campuran di kelas IV SD Negeri 62 Banda Aceh dapat mencapai ketuntasan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BATUAN DI KELAS V SD NEGERI 20 BANDA ACEH (fulfita musliana, 2013)

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PADA MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI UNTUKMENCAPAI KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWAKELAS IV SD NEGERI 69 BANDA ACEH (Silvia Srifuji Ys, 2013)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PADA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA DI KELAS V SD NEGERI 62 BANDA ACEH (salawati, 2013)

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION PADA OPERASI HITUNG CAMPURAN DI KELAS II SD NEGERI LAMREUNG (safrita, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER(NHT) PADA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN BILANGAN CACAH DI KELAS IV SDN 71 BANDA ACEH (Azalia Chaira, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.