//

STUDI PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP KINERJA JALAN CUT NYAK DHIEN KOTA BANDA ACEH (STUDI KASUS KAWASAN SEKOLAH LAMTEUMEN)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Zaki Fadhlin - Personal Name
SubjectROADS
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Jalan Cut Nyak Dhien Lamteumen Kota Banda Aceh merupakan jalan arteri sekunder yang menghubungkan antar kota dengan kecepatan rencana minimal yaitu 30 km/jam, tipe Jalan Cut Nyak Dhien adalah 6/2 D, di kawasan jalan ini terdapat kawasan sekolah mulai dari SD, MIN, MAN. Sepanjang kawasan ini terjadi kemacetan terutama saat jadwal masuk dan pulang sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kinerja jalan pada kondisi jam puncak untuk mengetahui pengaruh hambatan samping di Jalan Cut Nyak Dhien Lamteumen Kota Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode MKJI 1997. Pengambilan data dilakukan pada masing-masing arah yaitu A (Meulaboh-Banda Aceh) dan B (Banda Aceh-Meulaboh) selama tiga hari menggunakan kamera yaitu pada hari Senin, Selasa, Rabu pada pukul 07.00-09.00 WIB s.d pukul 12.00-14.00. Hasil dari penelitian ini didapatkan volume lalu lintas tertinggi terjadi pada hari Senin arah A tanggal 11 Maret 2019 pukul 07.00-08.00 WIB sebesar 1.282 smp/jam, dengan kelas hambatan samping sedang, kecepatan arus bebas yaitu 49 km/jam, kapasitas jalan yaitu 4017 smp/jam, derajat kejenuhan yaitu 0,32, dan kecepatan lalu lintas yaitu 21,61 km/jam. Volume lalu lintas tertinggi arah B terjadi pada hari Senin 11 Maret 2019 pukul 12.00-13.00 WIB sebesar 787 smp/jam, dengan kelas hambatan samping sangat rendah, kecepatan arus bebas yaitu 50 km/jam, kapasitas jalan yaitu 4140 smp/jam, derajat kejenuhan 0,19, dan kecepatan lalu lintas yaitu 31,91 km/jam. Data yang diperoleh membuktikan kinerja ruas Jalan Cut Nyak Dhien masih digolongkan baik namun kinerja arah A sedikit lebih buruk dari arah B. Untuk mengatasi lambatnya kecepatan maka diperlukan penertiban pedagang kaki lima dan memberi traffic cone pada bahu jalan untuk parkir kendaraan berhenti di sekitar kawasan tersebut. Kata Kunci; Kinerja jalan, Hambatan samping, Derajat kejenuhan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERHITUNGAN KINERJA RUAS JALAN TEUKU NYAK ARIEF TUNGKOP BERDASARKAN DERAJAT KEJENUHAN DAN KECEPATAN (STUDI KASUS KAWASAN KOMPLEK SEKOLAH TUNGKOP) (RAHMAT AWALUDDIN ISNIN, 2018)

ANALISIS KINERJA JALAN TEUKU ISKANDAR BANDA ACEH AKIBAT HAMBATAN SAMPING (NANDA MUNTASHIR MUZWAR, 2017)

EVALUASI PENERAPAN MANAJEMEN LALU-LINTAS PADA KAWASAN DRIEN RAMPAK MEULABOH KAB. ACEH BARAT (FAISAL ARIF, 2019)

PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP KINERJA RUAS JALAN MATA IE DI PASAR KEUTAPANG DUA ACEH BESAR (Muhammad Ikhsan, 2018)

PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP KINERJA RUAS JALAN TEUKU ABU LAM U (DEPAN PERKANTORAN BALAI KOTA BANDA ACEH) (Arifka Maulana, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy