//

EFEKTIVITAS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI ENERGI PANAS DIRNKELAS IV SD NEGERI MEUNASAH TUTONGRNKECAMATAN INGIN JAYARNACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Aninah - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
SCIECES - TEACHING
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Kata kunci: efektivitas, contextual teaching and learning Penelitian ini berjudul “Efektivitas Pendekatan contextual teaching and learning pada Materi Energi Panas di Kelas IV SD Negeri Meunasah Tutong Kecamatan Ingin Jaya Aceh Besar. Berdasarkan observasi awal yang penulis lakukan pada tanggal 2-3 November 2011 pada kelas IV SD Negeri Meunasah Tutong Kecamatan Ingin Jaya Aceh Besar, diketahui umumnya siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep-konsep materi pelajaran sains pada materi energi panas. Maka yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pendekatan contextual teaching and learning efektif diterapkan pada materi energi panas di kelas IV SD Negeri Meunasah Tutong Kecamatan Ingin Jaya Aceh Besar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pelaksanaan pendekatan contextual teaching and learning efektif diterapkan pada materi energi panas di kelas IV SD Negeri Meunasah Tutong Kecamatan Ingin Jaya Aceh Besar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 25 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, angket, dan tes hasil belajar. Analisis data dilakukan dengan menghitung persentase aktiviutas guru, aktivuitas siswa, respon siswa, dan ketuntasan belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan CTL memberi dampak positif terhadap keefektifan hasil belajar siswa dalam pembelajaran sains materi energi panas. Selama pelaksanaan pembelajaran adanya kemajuan siswa dengan penggunaan CTL pada materi energi panas. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas siswa, responden siswa, danketuntasan belajar siswa. Ketuntasan belajar secara klasikal sudah tuntas, karena perolehan nilai siswa di atas 85%, yaitu 92%. Adapun nilai rata-rata siswa pada saat tes sebesar 74,4. Penggunaan pendekatan contextual teaching and learning dapat mengefektifkan proses pembelajaran energi panas di kelas IV SD Negeri Meunasah Tutong Kecamatan Ingin Jaya Aceh Besar.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

THE IMPLEMENTATION OF CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) IN TEACHING LISTENING SKILL TO SENIOR HIGH SCHOOOL STUDENTS (lia maisyarah, 2013)

THE OVERVIEW OF CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) IN TEACHING AND LEARNING ENGLISH FOR RNELEMENTARY SCHOOL LEVEL RN(A LIBRARY RESEARCH) (Fajrinur, 2014)

METHODS APPLIED BY THE TEACHERS IN TEACHING SPEAKING FOR GRADE XII OF SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS (A QUALITATIVE STUDY AT SMAN 2 BANDA ACEH) (FRILLA GEUBRINA DJUFRI, 2014)

THE APPLICATION OF CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) APPROACH IN TEACHING READING( A DESCRIPTIVE RESEARCH AT MAN MODEL BANDA ACEH ) (Julia Rizki, 2014)

PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS MEDIA LOKAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KONSEP BUNYI DI SMP NEGERI 1 DARUSSALAM (WAHYUNI, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy