//

IMPLEMENTASI SIKAP KEPEDULIAN SOSIAL PESERTA DIDIK DALAM KEGIATAN KEPRAMUKAAN DI SD NEGERI 50 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Juwita - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL SOCIOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Juwita. 2019. Implementasi Sikap Kepedulian Sosial Peserta Didik Dalam Kegiatan Kepramukaan Di SD Negeri 50 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Awaluddin, M.Pd (2) Mislinawati, S.PdI,M.Pd Kata Kunci : Implementasi, Kepedulian Sosial, Kegiatan Kepramukaan Kepedulian sosial merupakan salah satu komponen penting yang harus diajarkan kepada anak sejak dini agar mereka dapat belajar dari apa yang dilihat, didengar dan peka terhadap sekitarnya. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi sikap kepedulian sosial peserta didik dalam kegiatan kepramukaan di SD Negeri 50 Banda Aceh?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi sikap kepedulian peserta didik dalam kegiatan kepramukaan di SD Negeri 50 Banda Aceh. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah pembina pramuka dan anggota pramuka kelas VB yang berjumlah 20 orang. Adapun objek dari penelitian ini adalah situasi dalam implementasi sikap kepedulian sosial dalam kegiatan pramuka. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan reduksi data, display, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang didapatkan dari hasil observasi dan wawancara, anggota pramuka mengimplementasikan sikap peduli sosial yaitu dengan saling menghargai pendapat orang lain, memberikan dukungan kepada teman, saling berbagi, mengutamakan kepentingan bersama, menyukai bergotong royong, saling berkerjasama dalam kelompok, mudah berempati, dan saling tolong menolong. Simpulan penelitian ini adalah sikap kepedulian sosial selalu diimplementasikan oleh siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakulikuler pramuka di SD Negeri 50 Banda Aceh dalam berbagai kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan. Diharapkan pembina pramuka dapat memberikan dorongan kepada anggota pramuka sesuai dengan tujuan gerakan pramuka yaitu membimbing dan mendidik anak-anak indonesia menjadi manusia yang berkepribadian, berwatak, dan berpekerti luhur.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IMPLEMENTASI KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI 67 PERCONTOHAN KOTA BANDA ACEH (IRFAN JULIANDY, 2019)

KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN DALAM MENUMBUHKAN SIKAP CINTA TANAH AIR DI SD NEGERI 1 JAGONG KABUPATEN ACEH TENGAH (IKA NURDHANI RILANTI, 2019)

PERANAN KEPRAMUKAAN DALAM MEMBINA SIKAP NASIONALISME PADA GUGUS MELATI BANDA ACEH (Natalia Naingggolan, 2016)

IMPLEMENTASI LESSON STUDY TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI HIDROLISIS GARAM MELALUI METODE EKSPERIMEN DI KELAS XI SMA NEGERI 9 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Zulfahmi, 2014)

PAN STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN KELAS XI MIA 1 SMA NEGERI 1 KREUNG BARONA JAYA (Mursyida, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy