//

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENENTU TINGKAT PEMAHAMAN MASYARAKAT KOTA BANDA ACEH MENGENAI WAKAF TUNAI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang CUT NURA FARIQA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENENTU TINGKAT PEMAHAMAN MASYARAKAT KOTA BANDA ACEH MENGENAI WAKAF TUNAI OLEH Cut Nura Fariqa/Ekonomi Islam ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman masyarakat Kota Banda Aceh mengenai wakaf tunai dan menganalisis faktor-faktor penentunya. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumennya. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat muslim Kota Banda Aceh berusia 20-70 tahun ke atas yang dikategorikan sudah baligh dan mampu mengelola hartanya sendiri. Sampel pada penelitian ini sebesar 124 orang masyarakat Kota Banda Aceh yang dipilih dengan teknik Stratified Random Sampling. Analisis deskriptif digunakan untuk mengetahui tingkat pemahaman masyarakat Kota Banda Aceh mengenai wakaf tunai. Sementara itu, analisis regresi linear berganda untuk menguji pengaruh faktor-faktor penentu tingkat pemahaman yang terlibat. Berdasarkan hasil penelitian ini, diketahui bahwa pemahaman masyarakat Kota Banda Aceh mengenai wakaf tunai sudah sangat baik. Selain itu, faktor-faktor penentu pemahaman, yang terdiri atas pendidikan, religiusitas, media informasi, dan organisasi keagamaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemahaman masyarakat Kota Banda Aceh mengenai wakaf tunai. Dengan meningkatkan sosialisasi mengenai wakaf tunai kepada masyarakat dan memaksimalkan faktor-faktor penentu pemahaman, maka akan semakin meningkat pula pemahaman masyarakat Kota Banda Aceh mengenai wakaf tunai. Kata Kunci: Wakaf Tunai, Pemahaman, Faktor Penentu.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

FAKTOR-FAKTOR PENDORONG JUMLAH TANAH WAKAF DI KOTA BANDA ACEH DAN KABUPATEN ACEH BESAR (RIZKIA RANA PUTRI, 2019)

AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI PENGELOLAAN ASET WAKAF PADA BAITUL MAL KOTA BANDA ACEH (NIKI WILI YULIANI, 2017)

ANALISIS PENGGUNAAN UANG NON TUNAI STUDI KASUS DI BANDA ACEH (DARYANTI, 2016)

PERUBAHAN PERUNTUKAN TANAH WAKAF DI LUAR YANG DIIKRARKAN (SUATU PENELITIAN PENGGUNAAN TANAH WAKAF MESJID GAMPONG BARAT KECAMATAN SIMPANG TIGA KABUPATEN PIDIE) (Muhammad Arifin, 2016)

ANALISIS KETERTARIAKN MASYARAKAT UNTUK TINGGAL DI DAERAH TERIMBAS TSUNAMI STUDI KASUS: GAMPONG LAMPULO KOTA BANDA ACEH (MUHAMMAD REZA, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy