//

IMMOBILISASI POLISULFIDA ANORGANIK PADA PELET SERBUK GERGAJI KAYU JATI (TECTONA GRANDIS L.F.) YANG TERLAPISI KITOSAN SEBAGAI ADSORBEN ION MERKURI(II)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Zahrina Shalhan - Personal Name
SubjectADSORPTION - CHEMICAL ENGINEERING
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: pelet, serbuk gergaji kayu jati, kitosan, polisulfida, adsorpsi Penelitian immobilisasi pelet serbuk gergaji kayu jati terlapis kitosan dengan polisulfida anorganik untuk mengadsorbsi ion merkuri(II) telah selesai dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pelet serbuk gergaji kayu jati terlapis kitosan yang diimobilisasi dengan polisulfida dalam mengadsorbsi ion merkuri(II). Serbuk gergaji kayu jati berukuran 20 mesh dioven pada suhu 105⁰C hingga berat konstan dan dibentuk menjadi pelet menggunakan perekat dengan panjang 5 mm dan diameter 3 mm. Variasi yang telah dilakukan terletak pada variasi adsorben yang digunakan, yaitu berupa pelet serbuk gergaji kayu jati, peletserbuk gergaji kayu jati-Chi dan peletserbuk gergaji kayu jati-Chi-polisulfida. Masing-masing pelet ditimbang seberat 1,5 gram untuk diuji daya serapnya terhadap ion merkuri(II) 45 ppm melalui metode kolom. Konsentrasi ion merkuri(II) setelah adsorbsi dianalisis menggunakan Spektrofotometer Serapan Atom (SSA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kapasitas adsorbsi pelet serbuk gergaji kayu jati, pelet serbuk gergaji kayu jati-Chi dan pelet serbuk gergaji kayu jati-Chi-polisulfida selama 45 menit berturut-turut 0,2443 mg/g, 0,0106 mg/g dan 0,1552 mg/g. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa daya serap terbaik dimiliki oleh pelet serbuk gergaji kayu jati dengan kapasitas adsorpsi sebesar 0,2443 mg/g.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UJI DAYA SERAP SERBUK GERGAJI KAYU MEDANG (LITSEA SP) TERHADAP LOGAM KROMIUM (VI) MENGGUNAKAN METODE SPEKTROFOTOMETRI SERAPAN ATOM (SSA) (Desi Karmaini, 2015)

UJI DAYA SERAP SERBUK GERGAJI KAYU MEDANG (LITSEA SP) TERHADAP LOGAM KADMIUM (II) MENGGUNAKAN METODE SPEKTROFOTOMETRI SERAPAN ATOM (SSA) (Kana Puspita, 2015)

UJI DAYA SERAP SERBUK GERGAJI KAYU MERBAU (INTSIA SP) TERHADAP LOGAM TIMBAL(II) (Faucut Sarah, 2017)

IMMOBILISI SULFIDA ANORGANIK PADA CANGKANG TELUR AYAM YANG TERLAPISI KITOSAN SEBAGAI ADSORBEN ION MERKURI(II) TERLARUT (MELSI AGUSTIA ZULASMA, 2018)

UJI REAKTIVITAS KOLOID SULFUR PADA PELLET SERBUK GERGAJI YANG TERLAPISI KITOSAN TERHADAP UAP HG DAN REGENERASI HGS (NURUL AGUSTIA FADILLA, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy