//

PERBANDINGAN TINGKAT KEBUGARAN JASMANI MAHASISWA SEBELUM DAN SESUDAH KULIAH I SEMESTER PADA PROGRAM STUDI PENJASKESREK FKIP UNSYIAH ANGKATAN 2018

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Aulia Rizki Al Sobari - Personal Name
SubjectATHLETES
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Aulia Riski, 2019. “Perbandingan Tingkat Kebugaran Jasmani Mahasiswa Sebelum Dan Sesudah Kuliah I Semester Pada Program Studi Penjaskesrek FKIP Unsyiah Angkatan 2018”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Amiruddin, M. Kes. (2) Dr. Zulfikar, M. Kes. Kata Kunci: Perbandingan, Kebugaran Jasmani, Mahasiswa Sebelum dan Sesudah Kuliah I Semester Penelitian ini dilatar belakangi belum adanya dokumentasi terkait perkembangan tingkat kebugaran jasmani mahasiswa Jurusan Penjaskesrek FKIP Unsyiah angkatan 2018 setelah mengikuti perkuliahan selama satu semester. Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbandingan tingkat kebugaran jasmani mahasiswa sebelum dan sesudah kuliah I semester pada Program Studi Penjaskesrek FKIP Unsyiah angkatan 2018. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini seluruh mahasiswa Penjaskesrek angkatan 2018 dan sampel juga berjumlah 25 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan tes kebugaran jasmani Depdikbud, (1996), hal ini sesuai dengan prosuder penerimaan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Tahun 2018 yang terdiri dari 6 (enam) item yaitu; (1) Lempar tangkap bola kedinding (wallpass), (2) Lompat Tegak (vertical jump), (3) baring duduk 60 detik (sit-up), (4) push-up, (5) Tes kelincahan (llinosis agility run), (6) Daya tahan kardiorespiratori (lari 1600M). Berdasarkan hasil dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan tingkat kebugaran jasmani mahasiswa sebelum kuliah dan setelah kuliah satu semester pada mahasiswa Program Studi Penjaskesrek FKIP Unsyiah Angkatan 2018 sebagaimana terlihat dalam pengujian hipotesis. Hasil pengujian hipotesis menunjukan thitung lebih besar dari pada ttabel pada taraf signifikan 5% (α=0,05) yaitu (thitung ≥ ttabel = 3,15 ≥ 2,01). Disimpulkan bahwa tingkat kebugaran jasmani mahasiswa setelah kuliah satu semester pada mahasiswa Program Studi Penjaskesrek FKIP Unsyiah Tahun 2018 lebih baik dari pada sebelum kuliah.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBEDAAN TINGKAT KEBUGARAN FISIK SEBELUM KULIAH DAN SETELAH KULIAH SATU SEMESTER (SUATU PENELITIAN PADA MAHASISWA PENJASKESREK FKIP UNSYIAH ANGKATAN 2016) (Muhammad Heriansyah, 2017)

FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA TINGKAT KEHADIRAN MAHASISWA PADA PELAKSANAAN SENAM KEBUGARAN JASMANI (SKJ) RN(STUDI PENELITIAN PADA MAHASISWA PRODI PENJASKESREK FKIP UNIVERSITAS SYIAH KUALA TAHUN/AKADEMIK 2013) (ZULFAHMI, 2014)

MINAT BELAJAR MAHASISWA PENJASKESREK FKIP UNSYIAH ANGKATAN 2018 DALAM MENGIKUTI KEGIATAN PROSES BELAJAR MENGAJAR MATA KULIAH T.P. ATLETIK (Hasim Glean Syahputra, 2019)

PERBANDINGAN IPK MAHASISWA YANG HIDUP BERSAMA ORANG TUA DENGAN DI KOST PADA PROGRAM STUDI PENJASKESREK FKIP UNSYIAH ANGKATAN 2010 (zulfahmi, 2013)

TANGGAPAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENJASKESREK TERHADAP PELAKSANAAN SENAM KEBUGARAN JASMANI FKIP UNSYIAH (PUTRA SUKMA CAHYADI, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy