//

REKONSTRUKSI APLIKASI WEB PEMBELAJARAN LARI JAVA MENGGUNAKAN KONSEP MVC DAN ANALISIS PERFORMANCE TESTING MENGGUNAKAN APACHE JMETER

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Chaidir - Personal Name
SubjectCOMPUTER SCIENCE
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Seiring dengan perkembangan teknologi, metode belajar mengajar telah bergeser kea rah penggunaan media pembelajaran interaktif berupa e-learning. Berbagai macam mata kuliah dapat dibuat dalam bentuk e-learning, tidak terkecuali mata kuliah pemrograman Java. Pemrograman Java dikategorikan ke dalam mata kuliah yang sulit dan kompleks dikarenakan kurangnya kemampuan mahasiswa dalam memecahkan masalah dan berpikir analitis, sehingga dikembangkan aplikasi pembelajaran LariJava. Namun, aplikasi yang telah ada belum menggunakan framework dengan konsep MVC. Penggunaan framework dengan konsep MVC dapat memudahkan aplikasi Lari Java dikembangkan pada masa yang akan datang. Selain itu analisis lebih lanjut terhadap uji performansi yaitu load dan stress testing perlu dilakukan agar dapat mengetahui kinerja aplikasi saat beban kerja tertentu diberikan. Dalam penelitian ini, telah dilakukan migrasi aplikasi ke arah penggunaan framework CodeIgniter, sehingga aplikasi terpisahkan ke dalam tiga bagian, yaitu model berupa basis data, view berupa tampilan antar muka, dan controller yang merupakan pengatur masuk dan keluarnya data di antara model dan view. Kemudian telah dilakukan performance testing berupa load dan stress testing yang menggunakan aplikasi Apache JMeter. Load testing dilakukan dengan membangkitkan pengguna virtual 150, 200, 250, dan 300 orang. Hasil menunjukan peningkatan yang relatif stabil. Peningkatan yang signifikan terjadi saat jumlah pengguna virtual 300 orang yang ditunjukkan oleh maksimum waktu respon 9.56 detik dan waktu pengujian 10 detik. Selain itu, tingkat keberhasilan akses pada load testing menunjukkan error 0%. Sedangkan stress testing yang dilakukan dengan jumlah pengguna virtual 500, 1000, 1500, dan 2000 orang masing-masing menunjukan peningkatan yang lebih fluktuatif. Stress testing menunjukkan bahwa aplikasi LariJava hanya dapat menangani request dari maksimal 500 pengguna virtual pada waktu bersamaan yang ditunjukkan oleh presentase error 0% saat pengujian.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERFORMANCE ANALYSIS OF COMPUTER CLUSTERS AND NON-CLUSTER (Aridhatullah, 2015)

PENGEMBANGAN APLIKASI WEB PEMBELAJARAN BAHASA JAVA DENGAN METODE PEMECAHAN MASALAH (Dwi Novitasari, 2015)

PENGARUH FAKTOR DEMOGRAFI, COMPUTER SELF EFFICACY DAN COMPUTER ANXIETY DALAM PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI BERBASIS KOMPUTER TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA BAPPEDA PROVINSI ACEH (Romi Maulana , 2016)

PENGEMBANGAN SISTEM EVALUASI PEMBELAJARAN ONLINE BERBASIS WEB PADA APLIKASI LARI JAVA (Devi Andista Pratiwi, 2017)

ANALISIS KINERJA CLUSTER NGINX DAN APACHE BERBASIS RASPBERRY PI (Fadhil, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy