//

KOMPETENSI GURU MATA PELAJARAN PRAKARYA DI SMP NEGERI 3 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RAHIMA WAHYUNI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Rahima Wahyuni, 2019. “Kompetensi Guru Mata Pelajaran Prakarya di SMP Negeri 3 Banda Aceh”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Anizar Ahmad, M.Pd. (2) Dra. Fitriana, M. Si. Kompetensi seorang guru Prakarya sangat penting dalam kegiatan pembelajaran di sekolah termasuk di SMP N 3 Banda Aceh, yang selama ini proses pembelajaran mata pelajaran prakarya tersebut terlihat kurang efektif dan efesien. Penelitian ini dilatar belakangi oleh guru yang mengajar mata pelajaran prakarya bukan lulusan program studi PKK melainkan dari program studi IPA seperti Biologi dan Kimia. Tujuan yang ingin dicapai ialah untuk mengetahui kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru mata pelajaran prakarya di SMP Negeri 3 Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 3 guru mata pelajaran Prakarya dan 2 siswa, objek dalam penelitian ini adalah data berupa kemampuan pedagogik guru ketika melakukan kegiatan pembelajaran, dokumen perangkat pembelajaran dan pemahaman guru tentang pedagogik, kemudian data berupa profesional guru berkenaan dengan kemampuan guru dalam menguasai materi pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diketahui bahwa kompetensi pedagogik guru mata pelajaran Prakarya di SMP Negeri 3 Banda Aceh dalam pelaksanaan pembelajaran mampu memahami siswa pada umumnya, memberikan kesempatan yang sama pada siswa untuk aktif dalam kelas, mengatur situasi kelas dengan baik, mampu mengembangkan potensi siswa sesuai dengan tingkat pengetahuan yang dimilikinya, namun perancangan perangkat pembelajaran yang belum sesuai dengan standar Kurikulum Nasional 2013, tidak mengadakan evaluasi hasil belajar secara menyeluruh serta penilaian autentik. Kompetensi profesional guru mata pelajaran Prakarya di SMP Negeri 3 Banda Aceh belum mencerminkan kompetensi yang baik, dikarenakan guru Prakarya bukan lulusan pendidikan keterampilan. Jika dilihat dari aspek perlengkapan perangkat pembelajaran guru mata pelajaran Prakarya di SMP Negeri 3 Banda Aceh belum tergolong baik karena dalam kegiatan belajar mengajar guru tidak menggunakan RPP, Media pembelajaran, model atau metode yang melibatkan aktif siswa melainkan mengajar hanya dengan menggunakan buku pegangan dan memberikan tugas pada siswa. Kata Kunci: Kompetensi, Guru Mata Pelajaran Prakarya, SMP N 3 Banda Aceh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PROSES PEMBELAJARAN OLEH GURU MATA PELAJARAN PRAKARYA DI SMP NEGERI 11 BANDA ACEH (Cut Miftahul Jannah, 2016)

IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA DI MAN I BANDA ACEH (Sri Rizki Fitria, 2016)

PERSEPSI GURU TENTANG MATA PELAJARAN SBDP DALAM KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI 12 BANDA ACEH (INA NILLAILI, 2018)

MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE FIELD MARKET PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN ( PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA SMA NEGERI 5 BANDA ACEH ) (Jihan Zanjabila, 2016)

KOMPETENSI GURU PADA MATA PELAJARAN KETERAMPILAN DI SMP NEGERI BENER MERIAH (RINI MASTURA, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy