//

PENGARUH MEDIA PREZI TERHADAP HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI DI SMA NEGERI 1 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang OCEAN APRILLIA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Ocean Aprillia. 2019. Pengaruh Media Prezi Terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Reproduksi di SMA Negeri 1 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Muhibbuddin, M.S. (2) Dr. Khairil, M.Si. Kata Kunci: media prezi, hasil belajar, motivasi belajar, sistem reproduksi. Pelaksanaan pendidikan memiliki berbagai kendala dalam proses pelaksanaannya. Salah satunya terjadi pada materi sistem reproduksi. Hal ini dikarenakan keterbatasan media pembelajaran. Oleh karena itu, cara untuk mengatasi masalah tersebut dengan menerapkan media prezi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media prezi terhadap hasil dan motivasi belajar peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah True Experimental dengan desain Pretest-postest control group. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Banda Aceh, sampelnya adalah kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 4 yang berjumlah 62 peserta didik. Pengumpulan data dilaksanakan pada tanggal 5-23 April 2019. Parameter yang diukur dalam penelitian ini adalah pre-test dan post-test serta angket motivasi belajar peserta didik. Data hasil penelitian berupa skor rata-rata pre-test dan post-test diuji dengan menggunakan uji independent sample t-test, sedangkan untuk nilai angket motivasi belajar dilakukan dengan penilaian skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan antara skor pre-test dan post-test yaitu pada kelas kontrol dari 18.58 menjadi 26.55 sedangkan kelas eksperimen 18.77 menjadi 31.74 lalu dari 31 peserta didik terdapat 17 peserta didik yang memiliki nilai motivasi sangat tinggi, 2 sedang, dan 12 memiliki nilai motivasi tinggi. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan media prezi terhadap hasil dan motivasi belajar peserta didik pada materi sistem reproduksi di SMA Negeri 1 Banda Aceh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PADA KONSEP SISTEM GERAK PADA MANUSIA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA SMA NEGERI 1 PEUKAN BARO KABUPATEN PIDIE (Fauzan, 2018)

PENERAPAN MEDIA PREZI PADA MATERI SISTEM EKSKRESI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 11 BANDA ACEH (CUT MUTIA NATASYA, 2019)

PENERAPAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG PADA MATERI SISTEM KOLOID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 3 BANDA ACEH (Uci Sulfia, 2016)

PENGARUH PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING (DL) DIPADU THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DI SMA NEGERI 12 BANDA ACEH (Zulfa Fatma, 2019)

PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY TERHADAP KESADARAN METAKOGNITIF DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA DI MAS BABUN NAJAH BANDA ACEH (Cut Windasari, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy