//

KAJI EKSPERIMENTAL PENGERINGAN BATUBARA SUB BITUMINOUS B DENGAN UDARA SEBAGAI FLUIDA KERJA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Suryadi Yandi - Personal Name

Abstrak/Catatan

Batubara merupakan salah satu bahan bakar fosil yang ada di Indonesia. Penggunaan batubara sebagai bahan bakar lebih murah dibandingkan minyak solar dengan perbandingan harga 0.1/kkal untuk bahan bakar batubara dan 0.74/kkal untuk bahan bakar solar. Salah satu konsumer terbesar batu bara ialah Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) yang menjadi sumber energi listrik di zaman modern ini, salah satunya terletak diprovinsi paling ujung Sumatera yaitu Aceh (PLTU Nagan Raya). Di Aceh sendiri terdapat sumber daya batubara sebesar 443,45 juta ton yang umumnya berkategori sub bituminous b kelembaban tinggi ± mencapai 40%. Namun kelembaban tinggi ± mencapai 40% bisa diproses melalui beberapa tahap sederhana untuk meningkatkan nilai kalori dan menurunkan jumlah kadar air yang berbasis laju penurunan massa. Dengan variasi temperatur pengujian dari 150 0C hingga 200 0C menghasilkan laju penurunan massa yang lebih efektif dan mampu mengurangi kelembaban batubara Aceh. Efek dari penurunan kadar air/ kelembaman batubara tersebut akan mengakibatkan meningkatknya nilai kalorinya. Selain itu, penelitian ini diharapkan dapat menjadi solusi terhadap permasalahan batubara sub bituminus b di tambang Aceh spesifikasi boiler berbahan bakar batubara yang hanya dapat menerima batubara dengan nilai kalor lebih dari 3620 kcal/kg (GAR) dengan nilai kelembaban batubara maksimal 30%.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJI EKSPERIMENTAL SIFAT - SIFAT BATUBARA MUDA PADA TEMPERATUR UDARA PENGERINGAN 150ºC (Jamlis, 2018)

PENGARUH CLEARANCE BELOKAN TAJAM TERHADAP TEMPERATUR KELUARAN KOLEKTOR SURYA (RIKI ARDIANTO, 2019)

KAJI POLA ALIRAN PADA KOLEKTOR SURYA DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK BELOKAN TAJAM (DERRY IWANA, 2018)

KAJI EKSPERIMENTAL PENGERINGAN BATUBARA SUB BITUMINOUS B DENGAN UDARA SEBAGAI FLUIDA KERJA (Suryadi Yandi, 2019)

KAJIAN PROSES PENGERINGAN PINANG MUDA (ARECA CATECHU L) MENGGUNAKAN OVEN BERBAHAN BAKAR BIOMASSA KAYU STUDI KASUS PT. ARECA AGRO ACEH (Cut Nazila Fitri, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy