//

ANALISIS BANGUNAN TANGGUL SUNGAI KRUENG ACEH, KOTA BANDA ACEH BERDASARKAN KECEPATAN GELOMBANG GESER

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SHIRLI AMATUL JANNAH - Personal Name
SubjectWAVES
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Abstrak Sungai Krueng Aceh merupakan salah satu sungai yang terletak di Provinsi Aceh dengan panjang yang dimiliki Sungai Krueng Aceh kurang lebih 145 km dan beberapa anak sungai yang bermuara di badan sungai tersebut. Sekitar tahun 1970-an pemerintah berupaya membuat tanggul di sungai tersebut untuk menanggulangi permasalahan luapan air sungai serta permasalahan lainnya. Tanggul merupakan semacam tembok alami maupun buatan yang dibangun sebagai pembatas antara daratan dengan sungai dan pantai. Kondisi tanggul yang sudah lama dapat menyebabkan kekakuan dan kekuatan tanggul berkurang, oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kekakuan tanggul sungai krueng aceh berdasarkan nilai parameter kecepatan gelombang geser (Vs) menggunakan metode MASW Multichannel analysis of surface wave) serta untuk mengetahui nilai faktor keamanan untuk kestabilan tanggul menggunakan plaxis. Akuisisi data penelitian ini dilakukan sebanyak 5 lintasan di tanggul Sungai Krueng Aceh Gampong Lambhuk dan 1 lintasan di tanggul Sungai Krueng Aceh Gampong Pango. Hasil pada penelitian ini adalah pengukuran MASW di 6 lintasan lokasi penelitian didapatkan nilai Vs minimum sebesar 82 m/s dan nilai Vs maksimum sebesar 220 m/s. Berdasarkan SNI 1726-2012, maka secara umum tanah pada lokasi penelitian terbagi ke dalam kategori Tanah Lunak (SE). Sedangkan untuk Analisis nilai faktor keamanan kondisi eksisting yang didapatkan pada tanggul tersebut berbeda-beda pada setiap lintasan. Hasil analisis menggunakan program plaxis adalah lintasan 1 didapat nilai faktor keamanan 7,0065, lintasan empat didapat nilai faktor keamanan 6,9825 dan pada lintasan 6 didapat nilai faktor keamanan 6,9730. Dengan ini membuktikan, tanggul Sungai Krueng Aceh tidak berpotensi longsor dan masih layak digunakan. Kata kunci : Tanggul, kekakuan, MASW

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IDENTIFIKASI LAPISAN TANAH LUNAK MENGGUNAKAN METODE MASW (MULTICHANNEL ANALYSIS OF SURFACE WAVE) DI KECAMATAN BAITURRAHMAN KOTA BANDA ACEH (RADIFAN RAMADHAN AK, 2019)

KARAKTERISTIK LAPISAN PERMUKAAN DANGKAL MENGGUNAKAN GELOMBANG RAYLEIGH DI KECAMATAN KUTA ALAM, BANDA ACEH (Muhammad Budi, 2015)

PENGARUH PILAR JEMBATAN PANGO TERHADAP POLA ALIRAN SUNGAI KRUENG ACEH (Teuku Devansyah Putra, 2017)

APLIKASI METODE MULTICHANNEL ANALYSIS OF SURFACE WAVE (MASW) UNTUK IDENTIFIKASI LONGSOR DI PERUMAHAN PERSAHABATAN INDONESIA – TIONGKOK, NEUHEUN, ACEH BESAR (Sailul Rizki, 2018)

ANALISIS GELOMBANG GESER (VS) MENGGUNAKAN METODE MASW (MULTICHANNEL ANALISYS OF SURFACE WAVE) DI KECAMATAN ULEE KARENG KOTA BANDA ACEH (Muhammad saputra, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy