//

STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU UNTUK MENCAPAI EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PADA SMP NEGERI DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SUCI NATASYA CHAIRI - Personal Name

Abstrak/Catatan

STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU UNTUK MENCAPAI EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PADA SMP NEGERI DI KOTA BANDA ACEH Oleh: Suci Natasya Chairi NPM: 1709200050001 Komisi Pembimbing: 1. Prof. Dr. Cut Zahri Harun, M. Pd. 2. Dr. Nasir Usman, M. Pd. ABSTRAK Kepala sekolah sebagai kekuatan sentral yang menjadi kekuatan penggerak kehidupan sekolah, yang mengoptimalkan seluruh sumberdaya sekolah untuk mencapai efektivitas pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah: untuk mendapatkan data lengkap dan akurat dari sekolah tentang “Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran”. Untuk mengumpulkan data, penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui: observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah Kepala Sekolah, Guru, dan Siswa. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Strategi kepala sekolah dalam proses penyusunan program pembinaan dan pengembangan guru untuk meningkatkan efektivitas Pembelajaran dengan membentuk tim, terdiri dari wakil kurikulum dan wakil kesiswaan untuk menyusun program, menerapkan kedisiplinan, membuat kebijakan, membuat kontrak kerja, memotivasi, mengadakan pelatihan, dan melaksanakan supervisi; (2) Strategi kepala sekolah dalam pelaksanaan program pembinaan dan pengembangan guru untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran dengan mengontrol pelaksanaan program agar berjalan sesuai dengan perencanaan dan mencapai tujuan pendidikan; (3) Strategi kepala sekolah dalam evaluasi program pembinaan dan pengembangan guru untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran dengan mengadakan supervisi untuk melihat perkembangan setelah mengikuti pelatihan untuk mengukur berhasil atau tidaknya suatu program yang dilaksanakan; dan (4) Kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam upaya peningkatan efektivitas pembelajaran yaitu masih adanya guru yang kurang disiplin, guru tidak mengajar sesuai dengan RPP yang telah disusun karena murid tidak mau mendengarkan guru, siswa kurang termotivasi untuk belajar dipengaruhi oleh latar belakang keluarga yang tidak mampu dan broken home sehingga kurang dukungan dari keluarga untuk belajar, perhatian dan dukungan orang tua sangat berpengaruh terhadap minat dan prestasi belajar siswa. Kata Kunci: Strategi Kepala Sekolah, Kinerja Guru, dan Efektivitas Pembelajaran.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA SMP NEGERI 1 DAN SMP NEGERI 13 BANDA ACEH (MUHAIYAR, 2018)

STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMA NEGERI 1 MUTIARA KABUPATEN PIDIE (FITRIANI, 2016)

EFEKTIVITAS MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SEKOLAH DASAR PADA GUGUS JERUK KECAMATAN JAYA BARU KOTA BANDA ACEH (Wahyudi, 2016)

STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PADA RNSD NEGERI 2 BANDA ACEH (AIDA IRWANA, 2015)

KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU SD DI GUGUS BUNGONG KEUPULA KECAMATAN ULEE KARENG KOTA BANDA ACEH (LIZHI CHIJRI, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy