//

KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA KOMITE PADA SEKOLAH DASAR GUGUS LANGSAT KECAMATAN BANDA RAYA KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NURATIAH - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kepemimpinan kepala sekolah merupakan faktor yang sangat menentukan dalam meningkatkan kinerja komite sekolah. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: (1) Perencanaan program; (2) Strategi kepala sekolah; (3) Faktor pendukung peningkatan kinerja komite. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Subyek penelitian terdiri dari kepala sekolah, komite sekolah , guru, dan orang tua siswa di Sekolah Dasar Gugus Langsat Kecamatan Banda Raya Kota Banda Aceh. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, serta studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni reduksi, display data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini (1) Program kepala sekolah disusun pada awal tahun pelajaran dengan melibatkan wakil kepala sekolah, guru, pengurus komite sekolah dan orang tua siswa. Komite sekolah memberikan masukan, pertimbangan dan dukungan kepada sekolah, komite ikut mensahkan RKAS. Program kepala sekolah dimulai dengan menyusun visi, misi dan tujuan sekolah kemudian dituangkan dalam program sekolah atau RKS. Adapun program yang disusun yaitu program intra dan ekstrakurikuler, perayaan hari-hari besar nasional, perayaan hari besar agama, pentas seni, melibatkan semua orang tua siswa dalam pelaksanaan kegiatan di sekolah; (2) Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja komite dengan membangun hubungan komunikasi yang baik, meningkatkan peran dan fungsi komite, membangun kerjasama dan keterbukaan informasi, meminta persetujuan komite sekolah, dan mengajak komite untuk melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan program; (3) Faktor pendukung dalam meningkatkan kinerja komite sekolah diantaranya adanya komitmen dan kepedulian yang tinggi dari komite sekolah yang diwujudkan dalam bentuk disiplin, tanggungjawab dalam membantu sekolah; dukungan ide, tenaga, dan fasilitas yang memadai; terjalinnya komunikasi dan koordinasi yang baik. Kata kunci: Kepemimpinan kepala sekolah, kinerja komite

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KINERJA GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR GUGUS 24 ACEH BESAR (Desy Yusanti, 2016)

KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU SD DI GUGUS BUNGONG KEUPULA KECAMATAN ULEE KARENG KOTA BANDA ACEH (LIZHI CHIJRI, 2018)

KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA SEKOLAH DASAR LUAR BIASA NEGERI BANDA ACEH (Kasidah, 2016)

PERSEPSI GURU TERHADAP KINERJA KOMITE SEKOLAH DI GUGUS MANGGIS BANDA ACEH (DIANA MARSYADILLA, 2017)

GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU SD DI GUGUS MELATI KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH (IDAWANI YUSUF, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy