//

UJI RESISTENSI ISOLAT SALMONELLA SP DARI FESES SAPI ACEH TERHADAP BEBERAPA ANTIBIOTIK

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang YUSUF MARCELINO - Personal Name
SubjectCATTLE
VETERINARY MEDICINE
FERTILIZER ORGANIK
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEDOKTERAN HEWAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Salmonella sp merupakan bakteri patogen yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan pada ternak sapi, seperti gangguan pencernaan akut. Salah satu langkah pengobatan yang biasa digunakan untuk mencegah infeksi bakteri Salmonella sp di lapangan secara efektif adalah dengan pemberian antibiotik. Namun demikian diduga pemakaian antibiotik yang tidak terkontrol dan tidak prosedural telah memicu munculnya resistensi dari bakteri tersebut, termasuk pada ternak sapi aceh. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeteksi adanya infeksi bakteri Salmonella sp pada sapi aceh dan menguji resistensi isolat nya terhadap beberapa antibiotik. Pada penelitian ini telah dilakukan isolasi Salmonella sp dari feses sapi aceh di Kabupaten Aceh Besar. Sejumlah 30 sampel feses telah diambil dan ditemukan sebanyak 2 sampel positif Salmonella sp. Kedua sampel positif tersebut dilanjutkan dengan uji kepekaan bakteri terhadap 6 antibiotik, yaitu amoksilin, eritromisin, kloramfenikol, penisilin, streptomisin dan tetrasiklin menggunakan metode Kirby Bauer pada media Mueller Hinton Agar (MHA). Hasil yang diperoleh menunjukkan terjadinya resistensi terhadap eritromisin, penisilin, streptomisin, tetrasiklin berturut turut sebesar 100%, 100%, 50%, 50%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Salmonella sp yang diisolasi dari feses sapi aceh mengalami resistensi terhadap 4 jenis antibiotik yang diuji. Kata kunci : Salmonella sp, antibiotik, resistensi, feses sapi, sapi aceh.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

RESISTENSI ESCHERICIA COLI YANG DIISOLASI DARI FESES SAPI ACEH TERHADAP SEJUMLAH ANTIBIOTIK (WILA RISMA, 2019)

UJI RESISTENSI SALMONELLA SP YANG DIISOLASI DARI AIR DI LINGKUNGAN KANDANG TERNAK SAPI ACEH (FITRI WULAN SARI, 2019)

RESISTENSI SALMONELLA SP. YANG DIISOLASI DARI DAGING PUYUH (COTURNIX COTURNIX JAPONICA) TERHADAP ANTIBOTIK (Nadia Sarafina, 2018)

RESISTENSI ESCHERICHIA COLI TERHADAP ANTIBIOTIK DARI DAGING AYAM BROILER DI PASAR RUKOH (Akmal Mukti, 2017)

ISOLASI BAKTERI SALMONELLA SP DARI FESES SAPI ACEH DI PUSAT PEMBIBITAN, ACEH BESAR (CUT IUSMA MUZADIN, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy