//

IDENTIFIKASI ENDOPARASIT PADA TERIPANG (HOLOTHUROIDEA ) DI PERAIRAN PULOET KECAMATAN LEUPUENG KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Dita Sharfina - Personal Name
SubjectOCEANOGRAPHY
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEDOKTERAN HEWAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

IDENTIFIKASI ENDOPARASIT PADA TERIPANG (Holothuroidea) DI PERAIRAN PULOET KECAMATAN LEUPUENG KABUPATEN ACEH BESAR ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis dan prevalensi endoparasit yang menyerang teripang (Holothuroidea )di Perairan Puloet Kecamatan Leupueng Kabupaten Aceh Besar. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 10 ekor teripang yang diambil dari Perairan Puloet. Metode yang digunakan menurut Fernando et al., (1972) dan Kabata (1985)yaitu isi usus atau cairan usus teripang dikeluarkan kemudian dimasukkan kedalam cawan petri dan diperiksa secara mikroskopis dengan cara meletakkan setetes sampel isi usus di atas object glass menggunakan pipet tetes, diberi setetes NaCl fisiologis dan ditutupi dengan cover glass, kemudian diamati di bawah mikroskop. Data dari hasil yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan ditampilkan dalam bentuk gambar. Hasil pemeriksaan menunjukkan satu jenis endoparasit yang menginfestasi teripang Holothuria yaitu Turbellaria. Dari hasil yang didapatkan prevalensi endoparasit pada teripang yang terdapat di Perairan Puloet adalah sebesar 20%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat infestasi endoparasit jenis Turbellaria di Perairan Puloet Kecamatan Leupueng Kabupaten Aceh Besar. Kata kunci : endoparasit, holothuroidea, teripang

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IDENTIFIKASI EKTOPARASIT PADA TERIPANG (HOLOTHUROIDEA) DI PERAIRAN PULOET KECAMATAN LEUPUNG KABUPATEN ACEH BESAR (RAFY HAFIZH, 2019)

IDENTIFIKASI PARASIT PADA GURITA (OCTOPUS SP) DI PERAIRAN LAMPUUK KECAMATAN LHOKNGA KABUPATEN ACEH BESAR (Heriyandi, 2018)

IDENTIFIKASI ENDOPARASIT PADA BABI HUTAN (SUS SCROFA) DI KAWASAN LHOKNGA ACEH BESAR (Boni Cutami Rusty, 2019)

ISOLASI BAKTERI PSEUDOMONAS SP PADA IKAN ASIN TALANG-TALANG (SCOMBEROIDES TALA) DIDESA PULOET KECAMATAN LEUPUNG KABUPATEN ACEH BESAR (Arvina, 2017)

INTENSITAS DAN PREVALENSI EKTO ENDOPARASIT PADA IKAN BETOK (ANABAS TESTUDINEUS) DARI PERAIRAN UMUM DARATAN ACEH BAGIAN UTARA (DENDA MASTURA MAULANA, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy