//

ANALISIS KEKAKUAN DAN PERILAKU BALOK SEDERHANA BAJA HOLLOW YANG DIISI MORTAR FAS 0,4 DENGAN VARIASI UKURAN PROFIL

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang WINDY KENIKO - Personal Name

Abstrak/Catatan

Tugas Akhir Sarjana Analisis Kekakuan dan Perilaku Balok Sederhana Baja Hollow yang Diisi Mortar FAS 0,4 Dengan Variasi Ukuran Profil Windy Keniko 1304101010138 Program Studi Sarjana Teknik Sipil Jurusan Teknik Sipil-Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala Abstrak Di zaman modern ini perkembangan teknologi semakin meningkat, khususnya konstruksi bangunan. Material yang dapat digunakan baik struktural maupun non-struktural sudah semakin banyak jenisnya sesuai dengan kebutuhannya. Salah satu elemen yang sering digunakan untuk konstruksi nonstruktural adalah baja hollow, yang biasanya dipakai pada pembuatan pagar, teralis, railing tangga, dan lain-lain. Baja hollow memiliki bobot yang ringan, pemasangan yang lebih mudah, serta memiliki sifat anti karat. Namun pada konstruksi struktural penggunaannya masih sangat kurang, hal ini dikarenakan memiliki lubang kosong dibagian tengah sehingga tidak kuat menahan beban dan mudah mengalami tekuk. Dengan menambahkan mortar ke dalam baja hollow, kekosongan tersebut dapat terisi. Dalam perhitungan struktur diperlukan data kekakuan elemen yang digunakan (EI/L). Untuk elemen yang hanya terdiri dari satu material (baja hollow), data kekakuannya dapat ditentukan berdasarkan dimensi dan modulus elastisitas. Tetapi untuk elemen komposit yang terdiri dari baja hollow dan mortar, nilai kekakuan nya belum ditentukan. Untuk itu dilakukan penelitian ini agar mendapatkan nilai kekakuan yang sesuai, sehingga mendapatkan nilai kapasitas daya dukung struktur pada kombinasi baja hollow yang diisi mortar. Elemen profil yang akan digunakan pada penelitian ini adalah baja hollow dengan variasi ukuran 30/60 mm, 40/80 mm dan 50/100 mm dengan ketebalan 1 mm dan panjang 800 mm. Material penyusun mortar yang digunakan adalah semen portland tipe I, agregat halus, air dan bahan tambahan yaitu viscocrete-10. Pembuatan benda uji dimulai dengan pengecoran dan pengisian mortar dengan FAS 0,4 ke dalam rongga kosong pada profil baja hollow. Untuk mengendalikan mutu mortar beton yang diinginkan, digunakan benda uji kubus berukuran 50 mm dan diuji pada umur 28 hari. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah pada benda uji profil 30/60 nilai kekakuan sebesar 5820,723 N/mm, profil 40/80 nilai kekakuannya sebesar 17250,25 N/mm dan profil 50/100 nilai kekakuannya sebesar 29521, N/mm. Dengan beban maksimum yang mampu ditahan masing – masing profil adalah 1,33 ton pada profil 30/60, 2,26 ton pada profil 40/80 dan 4,44 pada profil 50/100. Adapun nilai lendutan tiap profil adalah 26,17 mm pada profil 30/60, 24,5 mm pada profil 40/80 dan 18,31 mm pada profil 50/100. Maka disimpulkan bahwa semakin besar ukuran profil yang digunakan, semakin besar pula kapasitas benda uji tersebut dalam menahan beban. Lalu nilai kekakuan EI pada hasil pengujian didapat, mendekati nilai hasil perhitungan teoritis pada angka titik pembebanan tertentu dan berada pada kondisi elastis. Kata kunci : baja hollow, ukuran profil, balok sederhana, kekakuan, perilaku balok

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PERILAKU PORTAL BIDANG (PLANE FRAME) BAJA HOLLOW YANG DIISI MORTAR FAS 0,4 DENGAN VARIASI UKURAN PROFIL (Aris Abdillah, 2017)

ANALISIS KAPASITAS RANGKA BIDANG (PLANE TRUSS) BAJA HOLLOW YANG DIISI MORTAR FAS 0,4 DENGAN VARIASI UKURAN PROFIL (Armia, 2016)

ANALISIS PERILAKU PORTAL BIDANG (PLANE FRAME) BAJA HOLLOW YANG DIISI MORTAR DENGAN VARIASI FAKTOR AIR SEMEN (Syahrul Alamsyah, 2017)

ANALISIS KAPASITAS PORTAL BIDANG (PLANE FRAME) BAJA HOLLOW YANG DIISI MORTAR FAS 0,4 DENGAN VARIASI UKURAN PROFIL (SUATU PENELITIAN PADA BAJA HOLLOW TEBAL 1,3 MM DENGAN VARIASI UKURAN PROFIL 30/60 MM, 40/80 MM DAN 50/100 MM) (Aulia Mirza, 2018)

ANALISIS KAPASITAS LENTUR PORTAL BIDANG (PLANE FRAME) BAJA HOLLOW YANG DIISI MORTAR FAS 0,4 DENGAN VARIASI KETEBALAN PROFIL (Ahlun Nazar Hasan Basri, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy