//

PENGGUNAAN ASPAL RETONA BLEND 55 TERHADAP CAMPURAN BETON ASPAL AC-WC DENGAN PERENDAMAN PRODUK MINYAK BUMI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fakhrullah Rizqy Muhammad - Personal Name
SubjectASPHALT CONCRETE - ROAD ENGINEERING
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Tugas Akhir Sarjana Penggunaan Aspal Retona Blend 55 Terhadap Campuran Beton Aspal AC-WC Dengan Perendaman Produk Minyak Bumi Fakhrullah Rizqy Muhammad 1504101010042 Program Studi Sarjana Teknik Sipil Jurusan Teknik Sipil-Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala Abstrak Tingkat keawetan campuran aspal meny angkut kemampuan untuk bertahan lama dipengaruhi oleh tumpahan produk minyak bumi. Perkembangan kota y ang semakin pesat meny ebabkan lalu lintas jalan ray a semakin padat dan kemungkinan terjadiny a tumpahan produk miny ak bumi pada kendaraan bermotor bisa saja terjadi dalam waktu yang cukup lama. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perendaman campuran beton aspal (AC-WC) terhadap produk minyak bumi yaitu solar, oli, avtur dan bensin dengan 3 (tiga) waktu perendaman yang berbeda. Waktu perendaman ini dilakukan selama 3 menit, 5 menit dan 7 menit dan untuk mengetahui waktu maksimum perendaman produk minyak bumi terhadap campuran beton aspal (AC-WC) dengan menggunakan Aspal Retona Blend 55 yang masih memenuhi standar. Material aspal yang digunakan adalah Retona Blend 55, agregat yang digunakan adalah kerikil pecah serta diperlukan kombinasi penggunaan agregat halus dan bahan pengisi (filler) semen Portland. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, pada penggunaan aspal Retona Blend 55 diperoleh kadar aspal optimum (KAO) yaitu 6,30% dengan nilai stabiltas sebesar 1190,00 kg. Hasil penelitian dengan rendamanan produk minyak bumi menunjukkan bahwa nilai stabilitas menurun dari kondisi normal. Produk minyak bumi yang paling mempengaruhi penurunan nilai stabil itas adalah avtur yang direndam selama 7 menit dengan penurunan sebesar 90,8%. Nilai durabilitas diperoleh dari rendaman produk minyak bumi tidak sesuai dengan syarat spesifikasi umum Bina Marga 2010 revisi 4 tahun 2018 yaitu ≥90% maupun nilai durabilitas yang diisyaratkan oleh AASHTO 1993 yaitu ≥ 75 % Kata kunci : Aspal Retona Blend 55, Perendaman Produk Minyak Bumi, Kerusakan perkerasan jalan, Campuran Beton Aspal (AC-WC).

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

TINJAUAN PARAMETER MARSHALL TERHADAP BETON ASPAL BERDASARKAN HASIL KAO MENGGUNAKAN ASPAL RETONA BLEND 55 (Muhammad Fadhil, 2014)

TINJAUAN PARAMETER MARSHALL TERHADAP BETON ASPAL DENGAN VARIASI SUHU PEMADATAN 140OC 150 OC DAN 160 OC MENGGUNAKAN ASPAL RETONA BLEND 55 (muksalmina, 2014)

KARAKTERISTIK PENGGUNAAN STYROFOAM SEBAGAI SUBSTITUSI ASPAL PEN 60/70 TERHADAP CAMPURAN BETON ASPAL (AC-WC) DENGAN PERENDAMAN PRODUK MINYAK BUMI (Naura Shafiya Iswandi, 2019)

PEMANFAATAN BATU KARANG GUNUNG PULAU WEH UNTUK CAMPURAN BETON ASPAL AC-WC DENGAN VARIASI ASPAL RETONA BLEND 55 DAN ASPAL PEN 60/70 (HERMANSYAH, 2018)

TINJAUAN PARAMETER MARSHALL TERHADAP BETON ASPAL DENGAN VARIASI SUHU PENCAMPURAN 150OC, 160 OC DAN 170 OC MENGGUNAKAN ASPAL RETONA BLEND 55 (Farattannur, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy