//

KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL OPERASI HITUNG CAMPURAN DI KELAS IV SD NEGERI 54 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NURLIA YUSFA - Personal Name
SubjectMATHEMATICS
LEARNING - EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
MOTIVATION -EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Yusfa, Nurlia. 2019. Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Campuran di Kelas IV SD Negeri 54 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Fauzi, M.Pd. (2) Drs. Adnan, M.Pd. Kata kunci: kemampuan siswa, operasi hitung campuran. Operasi hitung campuran adalah suatu operasi hitung matematika dimana dalam satu operasi hitung campuran terdiri dari beberapa macam operasi hitung yang berbeda - berbeda yaitu penjumlahan, pengurangan, perkalian ataupun pembagian. Operasi ini harus dikuasai oleh siswa karena selalu ditemui dalam kehidupan sehari -hari dan sebagai bekal dirinya dalam menempuh pendidikan selanjutnya maupun kehidupan di masa yang akan datang. Namun dalam kenyataannya di Sekolah Dasar masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal operasi hitung campuran dan banyak mengalami kesalahan. Adapun tujuan peneltian ini untuk mengetahui kemampuan siswa menyelesaikan soal operasi hitung campuran di kelas IV SD Negeri 54 Banda aceh. Untuk mendapatkan jawaban dari tujuan, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian statistik deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SD Negeri 54 Banda Aceh dengan jumlah populasi 100 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 31 siswa di kelas IV-A. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes berupa 10 soal essay pembelajaran operasi hitung campuran. Tes digunakan untuk mengukur kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung campuran. Hasil penelitian ini dianalisis menggunakan uji-t satu pihak yaitu pihak kanan. Hasil analisis data diperoleh = 2,97 dengan taraf signifikan α = 0,05 diperoleh = = 1,70 hal ini menunjukkan bahwa > yaitu 2,97 > 1,70. Dengan demikian ditolak dan diterima, artinya hipotesis dalam penelitian ini menyatakan " kemampuan siswa menyelesaikan soal materi operasi hitung campuran kelas IV SD Negeri 54 Banda Aceh dapat mencapai hasil ketuntasan belajar", dapat diterima.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN OPERASI HITUNG CAMPURAN DI KELAS IVRN SDN 50 BANDA ACEH (Cut Muri Lastiana, 2014)

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI HITUNG CAMPURAN PADA BILANGAN BULAT DI KELAS V SD NEGERI 69 BANDA ACEH (Misrawati, 2018)

ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL EVALUASI MATEMATIKA SEMESTER II KELAS VRNSD NEGERI 8 BANDA ACEH (fajarina, 2015)

ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL OPERASI HITUNG PADA BILANGAN PECAHAN KELAS VII SMP INSHAFUDDIN BANDA ACEH ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL OPERASI HITUNG PADA BILANGAN PECAHAN KELAS VII SMP INSHAFUDDIN BANDA ACEH (Nurul Amalia, 2015)

KEMAMPUAN OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN SISWA KELAS II DI SD NEGERI KILOMETER SEBELAS SUBULUSSALAM (Maryanti, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy