//

GAMBARAN KEJADIAN HENTI JANTUNG, HENTI NAFAS, DAN PENINGKATAN TEKANAN INTRAKRANIAL PADA PASIEN STROKE AKUT DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Widy Novita Sari - Personal Name
SubjectSTROKE - MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas fakultas keperawatan universitas syiah kuala
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Peningkatan tekanan intrakranial merupakan masalah yang harus segera diatasi karena dapat menimbulkan kompresi pada otak yang mengendalikan pernafasan sehingga memicu terjadinya henti nafas. Kerusakan pada sistem saraf pusat mengakibatkan terjadinya kelainan pada listrik jantung yang memicu timbulnya disritmia dan henti jantung. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kejadian henti jantung, henti nafas, dan peningkatan tekanan intrakranial pada pasien stroke akut selama 48 jam pertama di RSUDZA Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan desain retrospective study data sekunder (rekam medis). Sampel ditentukan dengan metode purposive sampling sebanyak 36 pasien stroke akut yang dirawat periode Juli – Desember 2018 dengan kriteria pasien stroke akut selama 48 jam pertama dan tanpa komplikasi penyakit lainnya. Hasil Penelitian sebanyak 23 (63.9%) pasien stroke akut mengalami henti jantung, 24 (66.7%) pasien stroke akut mengalami henti nafas dan 14 (38.9%) pasien stroke akut yang mengalami peningkatan tekanan intrakranial. Direkomendasikan kepada perawat untuk mewaspadai dan mengidentifikasi tanda-tanda henti jantung, henti nafas pada pasien stroke akut 48 jam pertama. Kata Kunci : stroke akut, 48 jam pertama, henti jantung, henti nafas, peningkatan tekanan intrakranial

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN GAMBARAN ELEKTROKARDIOGRAM DENGAN STROKE ISKEMIK AKUT DI RUMAH SAKIT UMUM DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Rahmadaniartini Bay, 2015)

GAMBARAN PENGETAHUAN PERAWAT DALAM MENINGKATKANRNKUALITAS HIDUP PASIEN STROKE ISKEMIKRNDI RUMAH SAKIT UMUM DAERAHRNDR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEHRNTAHUN 2014 (NANDA SYLVIA, 2014)

PENGARUH VOLUME PERDARAHAN TERHADAP TEKANAN INTRAKRANIAL (TIK) MENGGUNAKAN TCD PADA PASIEN STROKE HEMORAGIK DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (agnia rahmani, 2015)

PERBANDINGAN JENIS STROKE TERHADAP POLA TIDUR PADA PASIEN STROKE DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN (Evira Agustina Putri, 2016)

STRES, KECEMASAN DAN DEPRESI PADA PASIEN STROKE DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (NOFAN TRIANSYAH. NAZ, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy