//

UPAYA GURU MENINGKATKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK KELAS TINGGI DI SD NEGERI 26 KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Misnatul Aulia - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Aulia, Misnatul. 2019. Upaya Guru Meningkatkan Minat Baca Peserta didik Kelas Tinggi di SD Negeri 26 Kota Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. M.Yamin, M.Ed (2) Drs. Adnan, M.Pd Kata kunci : upaya guru, minat baca, peserta didik Upaya guru sangat dibutuhkan untuk meningkatkan minat baca peserta didik, karena dengan meningkatnya minat baca peserta didik, maka akan meningkat pula wawasan dan ilmu pengetahuan yang dimilikinya. Rumusan masalah pada penelitian ini : (1) Bagaimanakah upaya guru meningkatkan minat baca peserta didik kelas tinggi. (2) Kendala apa yang dihadapi guru dalam upaya meningkatkan minat baca peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendeskripsikan upaya guru meningkatkan minat baca peserta didik kelas tinggi. (2) Mendeskripsikan kendala yang dihadapi guru dalam upaya meningkatkan minat baca peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini 3 orang guru kelas tinggi yaitu guru kelas IV, V, dan VI. teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah melakukan observasi yang terdiri atas 15 aspek terlihat bahwa guru kelas IV hanya 11 aspek yang sangat baik dilakukan, 4 aspek lainnya tidak terlaksana dengan baik. Guru kelas V melakukan 10 aspek dengan sangat baik, 4 aspek tidak dilaksanakan dengan baik dan 1 aspek masih kurang atau belum dilaksanakan. Guru kelas VI melaksanakan 10 aspek sangat baik, 5 aspek tidak selalu dilaksanakan. Simpulan dari upaya guru meningkatkan minat baca peserta didik kelas IV dengan sering bercerita dan menampilkan gambar menarik perhatian peserta didik. Upaya guru kelas V menyediakan pustaka mini yang disertai dengan buku-buku cerita dan komik yang menarik. Upaya guru kelas VI selalu melakukan kegiatan membaca senyap ditengah pembelajaran. Kendala guru kelas tinggi dalam meningkatkan minat baca yaitu terdapat pada peserta didik itu sendiri, kurangnya minat peserta didik, sehingga guru harus selalu memberi arahan agar peserta didik lebih termotivasi dalam pengembangan minat baca.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN MINAT BACA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 BANDA ACEH (julianda saputra, 2013)

UPAYA PENERAPAN KETERAMPILAN VARIASI STIMULUS OLEH GURU DI SD NEGERI 22 BANDA ACEH (Hamelia Zahroni, 2019)

KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI KELAS V SD NEGERI 26 BANDA ACEH (Meri Muliana, 2019)

FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMAMPUAN LITERASI PESERTA DIDIK KELAS III SD NEGERI 1 PAGAR AIR ACEH BESAR (NELIA HERA PUTRI, 2019)

HUBUNGAN MINAT BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI SEBAGAI LINTAS MINAT KELAS XII MIPA SMA NEGERI 3 BANDA ACEH (Julita Winanda, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy