//

EFEKTIVITAS LOCAL INSTRUCTION THEORY MATERI BANGUN RUANG DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENUMBUHKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DI SEKOLAH DASAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mona Vazila - Personal Name

Abstrak/Catatan

Mona Vazila (2018). Efektivitas Local Instruction Theory Materi Bangun Ruang dengan Pendekatan Matematika Realistik untuk Menumbuhkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa di Sekolah Dasar Salah satu usaha yang dapat dilakukan guru dalam meningkatkan pemecahan masalah pada pembelajaran matematika materi bangun ruang yaitu dengan menerapkan pendekatan matematika realistik. Kurikulum 2013 mengamanatkan pembelajaran bangun ruang di kelas V SD melibatkan pemecahan masalah yang berkaitan dengan tradisi atau peristiwa budaya di daerah yang dikenal oleh siswa. Ariani (2015) telah mengembangkan Local Instruction Theory (LIT) materi bangun ruang dengan pendekatan matematika realistik untuk menumbuhkan kemampuan pemecahan masalah namun hanya pada tahap uji validitas dan praktikalitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui relevansi LIT materi bangun ruang Kurikulum 2013 revisi 2016 dengan LIT materi bangun ruang Kurikulum 2013 revisi 2014 serta menguji efektivitas LIT tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode design research melalui tiga tahap yaitu persiapan, uji coba terhadap Hypothetical Learning Trajectory (HLT), dan analisis retrospektif. Uji coba dilaksanakan di Kelas V pada tiga sekolah dasar di Kabupaten Pidie yaitu SD Negeri 1 Peukan Pidie, SD Negeri 5 Sigli, dan SD Negeri 1 Sigli. Instrumen yang digunakan adalah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), lembar observasi aktivitas siswa, lembar kesesuaian aktivitas siswa teramati dengan aktivitas siswa yang diharapkan, lembar tes kemampuan pemecahan masalah, angket respon siswa, dan angket respon guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) LIT materi bangun ruang Kurikulum 2013 revisi 2016 masih relevan dengan Kurikulum 2013 revisi 2014, 2) LIT yang telah dikembangkan telah memenuhi keenam indikator efektivitas. LIT yang telah dikembangkan dapat disebarluaskan sehingga dapat dipakai oleh guru SD dalam pembelajaran di sekolah-sekolah. Kata Kunci: Efektivitas, Local Instruction Theory (LIT), Bangun Ruang, Pendekatan Matematika Realistik, Kemampuan Pemecahan Masalah.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MATERI PERBANDINGAN DI KELAS VII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH (Nur Dewi, 2016)

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DI SEKOLAH DASAR (RAHMAT, 2019)

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI STRATEGI REACT DI SMPN 17 BANDA ACEH (RIMA SYAFRINA, 2019)

KEMAMPUAN SISWA MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI MODEL LEARNING CYCLE “5E” PADA MATERI BANGUN RUANG DI KELAS VIII SMP PLUS AL-‘ATHIYAH ACEH BESAR (Hasri Zaldi, 2014)

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MATERI SPLTV KELAS X MAN 4 ACEH BESAR (CUT NADIA, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy