//

STATUS PENGELOLAAN PERIKANAN CAKALANG TERKAIT DENGAN IMPLEMENTASI EAFM PADA DOMAIN SUMBERDAYA IKAN DI PELABUHAN PERIKANAN SAMUDERA (PPS) KUTARAJA, KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ratna Sari - Personal Name
SubjectFISHERIES
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KELAUTAN DAN PERIKANAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Pengelolaan perikanan dengan pendekatan ekosistem atau Ecosystem Approach to Fisheries Management (EAFM) adalah pengelolaan perikanan secara berkelanjutan dan bertujuan untuk pemanfaatan perikanan jangka panjang sekaligus melindungi stok ikan di alam terwujud. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan indikator domain sumberdaya ikan terhadap pengelolaan perikanan cakalang berbasis EAFM serta menilai pengelolaan perikanan cakalang berbasis EAFM pada indikator domain sumberdaya ikan di Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Kutaraja. Metode pengumpulan data yang digunakan dengan metode survei. Analisis data menggunakan data dari masing-masing indikator domain sumberdaya ikan kemudian diolah menggunakan tabulasi data selanjutnya dianalisis dengan menggunakan komposit sederhana dengan rataan aritmetik dan ditampilkan dalam bentuk bendera. Hasil penelitian menunjukan indikator yang tergolong dalam kondisi baik yaitu CPUE dan komposisi spesies hasil tangkapan. Indikator yang tergolong dalam kondisi buruk yaitu ukuran ikan, proporsi ikan yuwana, range collapse sumberdaya ikan dan spesies ETP (Endangered, Threatened, and Protected species) sehingga perlu adanya perbaikan dalam pengelolaan perikanan secara berkelanjutan. Status pengelolaan perikanan cakalang di Pelabuhan Perikanan Samudera Kutaraja menggunakan domain sumberdaya ikan berada dalam kondisi baik dengan perolehan nilai komposit sebesar 67 dan model bendera warna hijau. Kata kunci : Ecosystem Approach to Fisheries Management (EAFM), Pengelolaan Perikanan, Ikan Cakalang, PPS Kutaraja.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJIAN ASPEK SOSIAL DAN EKONOMI TERHADAP PENGELOLAAN EKOSISTEM SUMBERDAYA PESISIR DAN LAUT BERBASIS EAFM (ECOSYSTEM APPROACH TO FISHERIES MANAGEMENT) DI KOTA BANDA ACEH (Dhea Natasya Ricky Chikita, 2018)

STUDI USAHA PENANGKAPAN IKAN HIU DENGAN RAWAI DASAR (BOTTOM LONGLINE) DI PELABUHAN PERIKANAN SAMUDERA (PPS) KUTARAJA BANDA ACEH (Leni Afriani, 2019)

STATUS PENGELOLAAN PERIKANAN TERKAIT DENGAN IMPLEMENTASI EAFM (ECOSYSTEM APPROACH FISHERIES MANAGEMENT) PADA DOMAIN TEKNIK PENANGKAPAN IKAN DI PELABUHAN PERIKANAN SAMUDERA (PPS) LAMPULO BANDA ACEH (APRILINA SARAGIH, 2018)

HUBUNGAN PERAN KELEMBAGAAN PANGLIMA LAOT TERHADAP PENGELOLAAN PERIKANAN BERBASIS EAFM (ECOSYSTEM APPROACH TO FISHERIES MANAGEMENT) (SALMARIKA, 2017)

PELABUHAN PERIKANAN SAMUDERA DI BANDA ACEH (Ade Setiawan, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy